UMRAH resmi menjadi Anggota IMAREST

0
376
UMRAH resmi menjadi Anggota IMAREST

Tanjungpinang – Terhitung sejak bulan Desember 2020 Universitas Maritim Raja Ali Haji resmi menjadi afiliasi dari Institute of Marine Engineering, Science and Technology(IMAREST).

IMAREST sendiri adalah lembaga riset internasional yang berkedudukan di Inggris, yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan sains dan teknologi kelautan dan Kemaritiman. Lembaga ini didirikan sejak tahun 1888.

“Manfaat dari menjadi anggota IMAREST ini adalah UMRAH bisa menjangkau dan bekerjasama dengan komunitas Maritim global terkait perkembangan sains Kelautan dan keteknikan Maritim hingga pertukaran ide-ide serta best practice dari kalangan komunitas anggota IMArest” Ujar Rektor UMRAH, Prof Dr Agung Dhamar Syakti SPi DEA.

IMAREST juga sudah di rekognisi oleh Kemendikbud berperan sebagai lembaga akreditasi Program Studi Internasional.

“Beberapa kampus di Indonesia sudah mulai menggunakan IMAREST sebagai Lembaga akreditasi Internasional program studi ilmu kelautan seperti IPB, ITS, serta Universitas Padjajaran” ujar Prof. Agung.

Prof Agung kemudian mengungkapkan peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan UMRAH melalui afiliasi dengan IMAREST. Salah satunya membuka peluang untuk pertukaran mahasiswa antar anggota IMAREST yang berasal dari kalangan Perguruan Tinggi.

“Ke depan, upaya afiliasi dengan IMAREST ini akan sangat strategis bagi UMRAH yang akan mencoba untuk Go-Internasional secara perlahan, melalui Asia Tenggara terlebih dahulu, kemudian baru meluas ke Asia Pasifik dan kemudian taraf Dunia” tuturnya.

Penjajakan UMRAH untuk menjadi anggota IMAREST ini sebenarnya sudah dimulai sejak Tahun 2017, tapi baru pada akhir 2020 UMRAH resmi menjadi bagian dari Komunitas anggota IMAREST.

Editor : Adi Pranadipa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here