Rektor Harapkan Wisudawan UMRAH berkarakter Profesional dan berbudaya

Dompak – Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Prof. Agung Dhamar Syakti melantik 378 wisudawan dalam sidang senat terbuka Wisuda Sarjana XVI tahun Akademik 2020-2021 yang dihelat secara daring dan luring. Selasa, (30/5/2021)

Dalam pidato di hadapan Senat, wisudawan dan seluruh tamu undangan, Rektor menginginkan setiap lulusan UMRAH harus menjadi pribadi yang profesional dan berbudaya.

Dirinya menyampaikan, sebagai lulusan universitas yang menjunjung nilai budaya melayu, alumni UMRAH harus bisa memberikan contoh yang baik dan bisa menjaga nama baik Almamater

”Kami juga berharap para lulusan bisa berkarya diatas landasan spirit dan etika Gurindam 12 Sebagaimana yang telah diwariskan oleh pahlawan nasional kita Raja Ali Haji,” ucap Rektor.

Rektor yang mahir memainkan gitar ini berharap bahwa para sarjana UMRAH siap berkarya di pelbagai bidang profesi, keilmuan dan keahlian tanpa harus tercerabut akar identitas moral nya sebagai manusia Indonesia, dengan karakter khas budaya Melayu.

”Kata pepatah. Jika kita tidak punya uang kita kehilangan sesuatu. Namun jika kita tidak memiliki karakter, kita kehilangan segalanya. Saya berharap, agar seluruh lulusan UMRAH selalu menjaga nama baik almamater dengan karakter Tamaddun-nya,” pinta Agung

Dalam Kesempatan yang sama Gubernur Kepulauan Riau yang sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan UMRAH, Ansar Ahmad dalam sambutannya berpesan bahwa para alumni agar jangan hanya berpikir menunggu lowongan PNS.

“Jangan berpikir lulus kuliah hanya berpikir menjadi THL di Pemerintahan Provinsi dan honor atau menunggu lowongan CPNS. Tetapi, latihlah diri menjadi enterpreneur baru dan spirit baru untuk membangun daerah lewat berbagai bidang serta menjadi pendamping masyarakat” ujar Ansar.

Pada Wisuda Sarjana ke XVI ini, UMRAH meluluskan 5 orang Wisudawan terbaik dengan lulusan predikat cumlaude. Adapun rinciannya yakni, Fakultas Teknik dari Progran studi (Prodi) Teknik Informatika yaitu Dwi Kurnia Vionita dengan peraihan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,73. Dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, yakni Prodi Ilmu Kelautan yaitu Nurhasima dengan IPK 3,74

Selanjutnya, dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Matematika, Agus Suharman, IPK 3,85 yang juga merupakan lulusan Pemuncak tingkat Universitas. Kemudian, Fakultas Ekonomi dari Prodi Akuntansi yaitu Burhan Latif dengan IPK 3,80. Sementara, Fakultas Ilmu sosial dan Politik dari Prodi Ilmu Administrasi Negara, Tias Nanda Sari dengan IPK 3,73.

Tercatat sebanyak 378 orang berhasil lulus di tahun akademik 2020-2021. FKIP sebanyak 119 Wisudawan, FIKP sebanyak 49 Wisudawan, FT sebanyak 47 Wisudawan, FE sebanyak 45 Wisudawan, dan FISIP meluluskan 118 Wisudawan.

Rangkaian acara wisuda Sarjana XVI ini juga diisi oleh orasi Ilmiah dari Dr. Rumzi Samin, M.Si, Dosen pengajar pada program S2 Magister Administrasi Publik UMRAH.

Istimewanya pada wisuda kali ini, Secara khusus UMRAH mendapatkan ucapan selamat dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Jendral (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim yang diwakili oleh Direktur Belmawa Ditjen Dikti Prof. Aris Junaidi.

Laporan oleh Tim Humas UMRAH , Editor : Adi Pranadipa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here