PENGUMUMAN
NOMOR: 2926/UN53.0/KP/2021

Rekrutmen Tenaga Ahli Pengembangan Sistem Terintegrasi
Di Lingkungan Universitas Maritim Raja Ali Haji
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi
Tahun Anggaran 2021

Dalam rangka mendukung tugas Unit Pelaksana Teknis Pengelola Teknologi Informasi dan Komputer (UPT. PTIK) Universitas Maritim Raja Ali Haji Tahun Anggaran 2021, dengan ini kami membuka proses rekrutmen calon tenaga ahli dengan informasi sebagai berikut :

FORMASI JABATAN

  1. Analisis Sistem Senior : 1 orang
  2. Back End Developer : 2 orang
  3. Front End Developer : 2 orang
  4. Mobile Developer : 1 orang
  5. Desain Grafis : 1 orang

KUALIFIKASI

  • Persyaratan Umum
    1. Warga Negara Republik Indonesia;
    2. Minimal pendidikan Diploma III  jurusan Teknik Informatika / Ilmu Komputer / Sistem Informasi / Manajemen Informatika / sejenisnya (rumpun TIK) untuk formasi Analisis Sistem Senior, Back End Developer, Front End Developer;
    3. Minimal pendidikan Diploma III semua jurusan untuk formasi Mobile Developer dan Desain Grafis;
    4. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 30 (tiga puluh) tahun;
    5. Memiliki kemampuan dan kemauan mempelajari konsep teknologi terbaru secara mandiri;
    6. Memiliki pengalaman kerja yang dibuktikan dengan portofolio, contoh aplikasi, contoh desain, dan sertifikat keahlian lainnya menjadi nilai tambah;
    7. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik;
    8. Bekerja secara efektif dalam lingkungan tim, menjalin hubungan kerja yang sehat dan berkinerja baik dibawah tekanan;
    9. Mampu bekerja ekstra untuk memenuhi target yang telah ditentukan;
    10. Mengikuti segala peraturan yang berlaku di lingkungan Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Persyaratan Khusus

Analisis Sistem Senior

  1. Memiliki pengalaman kerja di bidangnya minimal 1 tahun;
  2. Memahami konsep Software Development Life Cycle; 
  3. Berpengalaman membuat Desain Sistem (UML Diagraam, ERD, atau sejenisnya);
  4. Mampu mendokumentasikan proses bisnis secara detail ke dalam dokumentasi project;
  5. Memiliki kemampuan problem solving;
  1. Mampu menggunakan Distributed Version Control System Git;
  2. Memahami Konsep OOP dan MVC;
  3. Mampu melakukan  debugging dan bug fixing terhadap aplikasi;
  4. Mampu memimpin tim dari sisi teknis dan teknologi;
  5. Pengalaman dalam instalasi, konfigurasi, migrasi dan pengelolaan DBMS (PostgreSQL/MySQL/SQL Server) merupakan nilai tambah;
  6. Berpengalaman dalam menggunakan Framework Laravel merupakan nilai tambah;
  7. Memiliki pengetahuan Front-end Programming : Js, CSS, HTML, dan lainnya merupakan nilai tambah;
  8. Memiliki pengetahuan Web integration Service / API dengan JSON, REST, XML, SOAP merupakan nilai tambah.

Back End Developer

  1. Memiliki pengalaman kerja di bidangnya minimal 1 tahun;
  2. Berpengalaman dan familiar dengan web programming : PHP (Laravel Framework), MySQL, Ajax, Javascript, Phyton (nilai tambah);
  3. Berpengalaman dalam Web integration Service / API dengan JSON / REST / XML / SOAP.
  4. Berpengalaman di OOP, Class/Function, dan Framework (MVC Concept), diutamakan Laravel.
  5. Pernah mengerjakan min.1 proyek aplikasi menggunakan framework Laravel.
  6. Pernah mengerjakan proyek menggunakan REST API (nilai tambah)
  7. Mampu menggunakan Distributed Version Control System Git;
  8. Mempunyai kemampuan analisis, desain, dan programming yang kuat.

Front End Developer

  1. Memiliki pengalaman kerja di bidangnya minimal 1 tahun;
  2. Mahir menggunakan HTML5, CSS3, Javascript, dan JQuery;
  3. Berpengalaman menggunakan CSS Framework seperti Bootstrap/Foundation/Material UI;
  4. Memiliki pengetahuan dalam membuat user-friendly UI/UX;
  5. Memahami dan mampu membuat responsive Web Layout.
  6. Berpengalaman menggunakan JavaScript Framework seperti ReactJS / Vue JS / Angular
  7. Pernah mengerjakan min.1 proyek aplikasi menggunakan framework ReactJS / Vue JS / Angular;
  8. Memahami konsep Web integration Service / API dengan JSON / REST / XML / SOAP.
  9. Berpengalaman menggunakan version control system seperti GIT;
  10. Berpengalaman menggunakan aplikasi desain seperti Adobe Photoshop / Sketch;
  11. Memahami prinsip dasar SEO merupakan nilai tambah.

Mobile Developer 

  1. Memiliki pengalaman kerja di bidangnya minimal 1 tahun;
  2. Menguasai pemrograman Aplikasi Mobile : Java Android / Kotlin / Swift / React Native / Fluter (diutamakan platform Android);
  3. Memahami dan mampu melakukan integrasi dengan API;
  4. Memiliki pengetahuan dalam membuat user-friendly UI/UX;
  5. Berpengalaman menggunakan version control system seperti GIT;
  6. Berpengalaman membangun aplikasi Android dan dapat dibuktikan dengan memiliki aplikasi yang telah dipublikasikan melalui Google Play Store merupakan nilai tambah.

Desain Grafis

  1. Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun dibidang Seni/Desain/Multimedia menjadi nilai tambah;
  2. Memiliki inisiatif, kreatifitas, dan inovasi dalam setiap tugas yang dikerjakan;
  3. Mampu mengikuti perkembangan desain grafis dan videografi;
  4. Menguasai Adobe Premiere CC, Adobe After Effect CC, dan sebagainya;
  5. Menguasai Adobe Photoshop, Ilustrator, Corel Draw, dan sebagainya;
  6. Memiliki portofolio desain grafis, video, dan animasi / motion grafis;
  7. Memiliki sertifikat keahlian di bidang Seni/Desain/Multimedia menjadi nilai tambah;

RUANG LINGKUP PENGERJAAN APLIKASI

Aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh tenaga ahli maksimal yang harus diselesaikan dalam kurun waktu satu tahun. Berikut aplikasi yang akan dikerjakan oleh tenaga ahli :

  1. Regisma (Sistem Informasi Registrasi Mahasiswa);
  2. Finansi (Sistem Informasi Keuangan / Pembayaran UKT Mahasiswa);
  3. SIPA (Sistem Informasi Pengelolaan Akademik) termasuk mobile SIPA dan Feeder PDDikti;
  4. SIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian)
  5. Beasiswa (Sistem Informasi Manajemen Beasiswa)

JADWAL SELEKSI

TahapanTanggalTempat
Pengumuman Rekrutmen21 Mei 2021Website https://umrah.ac.id / media sosial UMRAH
Pendaftaran dan Pengiriman Berkas Lamaran21 – 28 Mei 2021Form Pendaftaran Online
Verifikasi Berkas Lamaran31 Mei 2021 – 1 Juni 2021Kampus UMRAH
Pengumuman Seleksi Administrasi2 Juni 2021Website https://umrah.ac.id / media sosial UMRAH
Tes Kemampuan Bidang (Peserta membawa berkas asli untuk diverifikasi ulang, apabila tidak membawa berkas asli dianggap gugur)3 – 4 Juni 2021Kampus UMRAH
Pengumuman Hasil Tes Kemampuan Bidang7 Juni 2021Website https://umrah.ac.id / media sosial UMRAH
Wawancara9 Juni 2021Kampus UMRAH / daring
Pengumuman Hasil Akhir11 Juni 2021Website https://umrah.ac.id / media sosial UMRAH
Pemanggilan Tenaga Ahli Yang Telah Lulus Seleksi14 Juni 2021Kampus UMRAH

*Catatan : Jadwal di atas tersebut bersifat tentatif (dapat berubah swaktu-waktu sesuai situasi dan kondisi), perubahan jadwal akan diumumkan melalui laman resmi UMRAH https://umrah.ac.id/ atau media sosial resmi UMRAH.

TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Berkas Lamaran ditujukan kepada Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, dokumen lamaran terdiri dari :
    1. Surat lamaran yang telah ditandatangani ditujukan kepada Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji bermaterai 10.000 dengan kertas HVS/F4 (contoh surat lamaran dapat diunduh melalui tautan http://bit.ly/LamaranTAUMRAH2021);
    2. Soft Copy Transkrip Nilai Ijazah
    3. Soft Copy Daftar Riwayat Hidup
    4. Soft Copy Surat Keterangan Sehat Yang Dikeluarkan Oleh Dokter.
    5. Soft Copy Pasfoto 3×4 
    6. Soft Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Yang Masih Berlaku / Surat Keterangan Telah Melakukan Perekaman KTP-Elektronik Dari Dukcapil Dan Kartu Keluarga.
    7. Soft Copy Sertifikat / Dokumen lain yang relevan dengan lamaran yang diajukan.
    8. Soft Copy Dokumen Portofolio Project Yang Pernah Dikerjakan.
  1. Pendaftaran dan Berkas Lamaran discan dalam satu file PDF (maks 5Mb) dan diunggah secara daring/online melalui tautan http://bit.ly/TA-UMRAH2021 paling lambat 28 Mei 2021 Pukul 16.00 WIB.
  2. Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan segera diproses untuk lanjut ke tahap tes kemampuan bidang dan wawancara.
  3. Peserta yang lulus seleksi administrasi wajib membawa berkas asli untuk diverifikasi ulang, dan Portofolio Project yang pernah dikerjakan pada saat Tes Kemampuan Bidang.
  4. Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi hasil akhir, wajib membawa Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan sehat, dan surat keterangan bebas narkoba yang masih berlaku saat penandatanganan kontrak kerja.

Demikian disampaikan untuk dapat diketahui. Terimakasih.

Tanjungpinang, 19 Mei 2021
Rektor,

ttd

Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti,S.Pi., DEA
NIP.197510272005011001

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Seleksi Calon Tenaga Ahli UPT. PTIK Universitas Maritim Raja Ali Haji melalui
Sdr. Ferdi No.Hp 082137059571,
Sdr. Rendi 085288850999.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini