UMRAH dan Fukuoka University Gelar Webinar Internasional

TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang dan Fukuoka University Jepang dengan didukung Institute of Marine Engineering Science and Technology (IMarEST) Asia Pacific menyelenggarakan Webinar menggunakan Webex System. Acara dilakukan secara Daring dan Luring lokal terbatas di Ruang Pertemuan Keris, Lantai 2 UMRAH Dompak. Kamis (26/6).

Webinar yang diselenggarakan selama dua jam itu membahas mengenai pertukaran informasi terkait pemberdayaan keunggulan akademik dan sinergi antar Perguruan Tinggi di kawasan asia pasifik.

Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA membuka webinar Internasional ini secara daring dari Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Dalam sambutannya Rektor UMRAH menyampaikan terima kasih kepada pihak Fukuoka University yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk melakukan webinar bersama UMRAH dan berbagai Perguruan Tinggi lainnya yang ada di Indonesia.

Tak lupa Rektor juga menyampaikan apresiasi kepada UMRAH yang telah menginisiasi dan berkomunikasi dengan pihak Fukuoka University Japan melalui Prof. Kenji Mishima dan Perwakilan BPPT Assoc. Prof. Dr. Salim Mustofa serta perwakilan IMarEST , Andrew Wong dan Perguruan Tinggi serta Lembaga dalam negeri lainnya.

Hadir sebagai narasumber dalam webinar itu, Mr. Andrew Wong selaku Regional Manager Asia Pacific at IMarEST, Assoc. Prof. Dr. Salim Mustafa selaku Center of Science and Technology of Advanced Materials (PSTBM) BATAN, dan Prof. Kenji Mishima selaku Head of Composite Materials Center of Fukuoka University Japan.

Wakil Rektor II UMRAH Dr. Agus Salim dan Ketua Tim Layanan Internasional (IRO) mengikuti Webinar dari Ruang Rapat UMRAH

Lintas Perguruan Tinggi dan Lembaga dalam negeri dan luar negeri yang turut hadir pada webinar itu adalah Anggota Forum Dekan FST PTKIN, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Palembang, UIN Banten, UIN Jambi, UIN Semarang UIN Bandung, UIN Yogyakarta, UIN Makassar, UIN Padang, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Institute of Marine Engineering Science and Technology (IMarEST), Curtin University dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Dalam Webinar ini Assoc Prof Dr. Salim Mustafa memberikan tawaran kerjasama penelitian bagi UMRAH untuk bidang-bidang Maritim di PUSPITEK Serpong. Tawaran ini kemudian disambut baik oleh UMRAH.

outcome dari Webinar ini kemudian dilakukan tindaklanjut pembentukan grup komunikasi kerjasama asia pacifik lintas disiplin untuk pengembangan kolaborasi kedepan.

Satu kegiatan bersama UMRAH dan Fukuoka University yang sudah berjalan adalah pengiriman visiting professor, visiting lecture dan student mobility dari wakil dosen UMRAH ke Fukuoka University selama 1 tahun sejak 31 Maret 2021 hingga 31 Maret 2022 dan diikuti program lainnya.

Rektor UMRAH berharap agar program ini akan menambah kekuatan dan posisi masing-masing institusi di tingkat regional, nasional maupun global.

(Rnd/Humas UMRAH)
Editor: Adi Pranadipa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here