BINTAN – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang dan PT. Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) Jalin Kerjasama. Mufakat kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama/ Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA dan General Manager PT. BIIE Ir. Aditya Laksamana. Rabu (25/8) di Wisma Bintan Industrial Estate, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan.

Kerjasama yang dijalin merupakan kerjasama dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Meliputi Pengembangan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Pengembangan Laboratorium, Penyediaan Tenaga Ahli pada kegiatan Bimtek, Lokakarya atau Seminar serta bidang lainnya yang relevan dengan UMRAH selaku Perguruan Tinggi.

Ary Satia Dharma, Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama UMRAH menjelaskan lebih lanjut terkait MoU tersebut

“Selain kerjasama dalam lingkup Tridharma Perguruan Tinggi, kita juga fokus dalam mensukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah digaungkan oleh Mas Menteri Nadiem Makarim”, ucap Ary Satia Dharma kepada Humas UMRAH.

“Jadi program MBKM ini meliputi Program Magang bersertifikat, Studi Mandiri/proyek independen, Kegiatan wirausaha, Penelitian/riset, Proyek kemanusiaan dan Program membangun desa/ Kuliah kerja nyata tematik”. Jelasnya.

Jadi nantinya Mahasiswa maupun Dosen UMRAH dapat melaksanakan program Tridharma dan MBKM di PT. BIIE, tentunya disesuaikan dengan kondisi PT. BIIE sendiri tutur Ary yang juga mantan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Lingga

Sebelum penandatanganan MoU, Ir. Aditya Laksamana selaku General Manager PT. BIIE mengatakan bahwa dirinya bersama tim sangat mendukung atas inisiasi kerjasama yang dijalin oleh UMRAH bersama PT. BIIE.

Atas nama PT. BIIE dirinya juga mengatakan membuka peluang untuk pelaksanaan kegiatan riset bagi Mahasiswa UMRAH di PT. BIIE.

“Kita ingin anak-anak Indonesia atau di Kepri ini bisa maju, kita coba buka peluang riset atau penelitian. Kalau ada Mahasiswa UMRAH yang ingin memakai tempat ini (PT. BIIE) untuk riset atau penelitian dan sebagainya ya monggo“. Ucap Ir. Aditya dalam pertemuan tersebut.

“Nanti kita setting bagaimana, kemudian apa-apa saja yang dibutuhkan dalam riset tersebut”, tambahnya.

Tak lupa, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor UMRAH atas inisiasi kerjasama tersebut, dan berharap dapat terus berlanjut.

Merespon pernyataan GM PT. BIIE, Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA menyambut baik dan berterima kasih atas peluang yang diberikan.

Prof. Agung juga menyampaikan bahwa UMRAH melalui Fakultas yang ada akan segera menindaklanjuti MoU yang ditandatangani tersebut.

“Tentunya kami melalui Fakultas yang ada akan menindaklanjuti MoU ini dan siap mengimplementasikan sesuai bidang keilmuan masing-masing dalam rangka mencetak SDM yang Unggul untuk lebih siap pakai di waktu mendatang”. Ucap Professor Pertama yang lahir dari Perguruan Tinggi Negeri di Kepri itu.

“UMRAH siap menjadi mitra Kerjasama bagi PT. BIIE dan mendukung pengembangan PT. BIIE supaya bisa lebih memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat di Bintan, Kepri maupun Republik kita ini”, tambahnya.

Dirinya juga menyampaikan harapan agar UMRAH dapat berperan dalam mengaselerasi program-program dari PT. BIIE seperti di bidang kemaritiman, untuk melakukan riset dosen, magang mahasiswa, dan program sosial dari PT. BIIE seperti program CSR untuk masyarakat.

Turut hadir mendampingi Rektor UMRAH dalam penandatanganan MoU tersebut Ka. Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama UMRAH Ary Satia Dharma, S.Sos, M.Si., Staf Kerjasama Muhammad Ulul Azmi, S.Sos., Staff humas dan Protokol, Rendi A. Saputra dan Yuli Hendri.

(Rnd/Humas UMRAH)

Editor : Adi Pranadipa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here