TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan BINUS mendukung digitalisasi ekonomi Bintan dengan menyerahkan luaran hasil penelitian model kebijakan paradiplomasi, aplikasi dan mesin POS secara simbolis kepada Pemda Kabupaten Bintan di Aula Kantor Bappeda Bintan, Senin (20/2/2023). Tim peneliti yang dipimpin Prof. Dr. Tirta Mursitama, Ph.D yang sekaligus Wakil Rektor Riset dan Transfer Teknologi BINUS University menyatakan luaran hasil penelitian ini dalam bentuk aplikasi bintantourism.id merupakan bentuk implementasi model kebijakan paradiplomasi dalam pengembangan Investasi, Perdagangan dan Pariwisata di Kabupaten Bintan.

Salah satu hasil pentingnya adalah naskah akademik yang dihasilkan telah diadopsi dalam penyusunan Peraturan Bupati Bintan tentang Pembentukan Badan Promosi dan Pariwisata Daerah Kabupaten Bintan.

Ronny Kartika, S.STP., M.M., Sekda Kabupaten Bintan dalam sambutannya menyampaikan sangat menyambut baik hasil penelitian ini dan aplikasi ini diharapkan terus dikembangkan bersama Disbudpar dan Diskominfo sesuai arahan Bapak Bupati Bintan Roby Kurniawan, S.P.W.K. Beliau juga menambahkan agar aplikasi ini bisa ditambahkan informasi yang memuat produk-produk unggulan Bintan, khususnya UMKM dan berbagai event budaya Bintan.

Dr. Sayed Fauzan, dosen HI UMRAH yang juga anggota tim peneliti menggarisbawahi bahwa UMRAH akan terus mendorong pemanfaatan aplikasi dan mesin POS ini dengan memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM sebagai bagian kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen UMRAH.

Penelitian tersebut merupakan penelitian yang dilakukan oleh tim Prodi HI BINUS dan HI UMRAH yang beranggotakan Moch Faisal, Ph.D dan Dr. Roseno Aji yang didanai oleh RISPRO LPDP melibatkan dua mitra industri yaitu PT. Ratapay dan PT. Cartenz.

Mengakhiri sambutannya, Sekda Bintan menambahkan kerja sama kedepan antara kalangan akademisi, dunia usaha, dan pemerintah dapat ditingkatkan di masa hadapan.

(Rendi/Humas UMRAH)