TANJUNGPINANG – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) beserta 21 Perguruan Tinggi se-Indonesia lakukan aksi serentak menuangkan eco-enzyme di sungai, kolam, danau dan badan air lainnya. Aksi yang dinamai Eco-Enzyme Festival itu diprakarsai oleh UI Green Metric dan dikoordinir oleh Universitas Negeri Surabaya. Senin (5/6/2023).

Dalam kegiatan tersebut UMRAH merangkul beberapa Sekolah di Tanjungpinang, diantaranya SMPN 7, SMPN 10, SMP Islam De Green Camp, SD Islam De Green Camp, SDN 008 dan SDN 014 Tanjungpinang Timur.

Selain sekolah turut serta juga dalam aksi tersebut Komunitas Eco-enzyme Tanjungpinang dan Salimah PW Kepulauan Riau.

Pada momen itu UMRAH menuangkan Eco-Enzym yang telah dibuat oleh Tim Mahasiswa Prodi Budidaya Perairan FIKP dan Tim Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP, dari hasil praktek perkuliahannya sejak semester lalu. Dalam kegiatan tersebut turut terlibat tim Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP serta Tim Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Mahasiswa Ilmiah (KMI) CORAL.

Henky Irawan, S.Pi, MP, M.Sc Kepala LPPM UMRAH sekaligus Pembina UKM KMI CORAL saat dihubungi Humas UMRAH membenarkan hal tersebut.

Menurutnya UMRAH sebagai Universitas dengan kekhasan Maritim maka memandang laut adalah badannya, daratan adalah jantungnya serta saluran-saluran air terkecil hingga ke sungai besar adalah nadinya, untuk itu dirinya berpesan agar sehatkan laut dari saluran terkecilnya dengan penuangan eco-enzym secara berkelanjutan sehingga kualitas air yang mengalir ke laut sudah baik dan membuat kesehatan lingkungan perairan tetap terjaga.

Deretan Perguruan Tinggi yang ikut andil pada Eco-Enzyme Festival tersebut adalah Universitas Negeri Surabaya, Univesitas Sumatera Utara, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Syiah Kuala, Universitas Kuningan, Universitas Bengkulu, Universitas Negeri Padang, UIN Raden Fatah Palembang, Universitas Andalas, Universitas Sebelas Maret, Universitas Padjadjaran, Universitas Esa Unggul, Universitas Gunadarma, Universitas Trisakti, Universitas Teknologi Muhammad Jakarta, Universitas YARSI, Universitas Budi Luhur, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Negeri Malang, dan Institut Teknologi Sumatera.

(Rendi/Humas)