TANJUNGPINANG – Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Kedokteran Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA. Momen perdana dan bersejarah bagi Fakultas Kedokteran UMRAH ini digelar di Ruang Tanjak Gedung Rektorat Kampus UMRAH Dompak, Sabtu (2/9/2023).

Sebelum memulai perkuliahan perdana Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Maritim Raja Ali Haji pada 9 September 2023 nanti, maka kegiatan akademik di Fakultas baru di UMRAH itu dimulai dengan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dibuka langsung oleh Rektor UMRAH.

Wakil Rektor I bidang Akademik dan Perencanaan Dr. Tengku Said Raza’i, S.Pi.,M.P. selaku Pelaksana Tugas (Plt) Dekan Fakultas Kedokteran menyampaikan bahwa tahun ini Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mendapatkan kuota untuk membuka Fakultas Kedokteran di Kepulauan Riau.

“Di belakang Bapak Ibu adalah calon dokter yang akan mengabdikan diri untuk masyarakat Indonesia terutama masyarakat Kepulauan Riau ini.” Ucap Dr. Tengku Said.

Beliau menyampaikan bahwa hal ini merupakan amanat yang dituangkan oleh mentri untuk memenuhi tenaga medis di Indonesia.
“Ini merupakan amanat dari Menteri dan merupakan perjuangan dari Pak Rektor sehingga Fakultas Kedokteran bisa berdiri.” Lanjutnya.

Selanjutnya Dr. Said mengucapkan terima kasih kepada Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (UNSRI) dr. Syarif Husin, M.S. yang telah membantu UMRAH dalam pendirian Fakultas Kedokteran.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Kedokteran Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tahun 2023 oleh Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA.

Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA (Rektor UMRAH) mengawali sambutannya dengan ucapan selamat datang kepada tamu undangan perwakilan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, para Dekan di UMRAH, Dekan Kedokteran UNSRI, Dosen Prodi Kedokteran UMRAH dan para mahasiswa Fakultas Kedokteran di kampus UMRAH.

Pada kesempatan itu Prof. ADS memberikan tagline sebagai bentuk penyemangat bagi Mahasiswa baru Fakultas Kedokteran UMRAH.

“Yang pertama akan selalu menjadi yang lebih baik dari yang terbaik, InsyaAllah Mahasiswa Kedokteran ini lebih baik dari yang terbaik.” Ucap Prof. Agung.

Prof. Agung mengatakan dari 142 program studi kedokteran yang diusulkan di tahun ini yang diizinkan hanya 15 dan UMRAH termasuk 3 PTN pertama yang diizinkan oleh Kemdikbudristek.

“UMRAH merupakan 3 PTN pertama yang diizinkan. Kemudian menyusul 12 PTN lainnya yang diizinkan untuk mendirikan prodi kedokteran, diantara 12 itu termasuklah IPB, ITS dan lainnya.” Lanjutnya

Prof. Agung mengucapkan terima kasih kepada Dekan Fakultas Kedokteran UMRAH dan UNSRI untuk bisa berkontribusi besar terhadap pendirian Fakultas Kedokteran UMRAH. “Dari Pembinaan UNSRI pada tahun ini UMRAH dan IPB dapat membuat Fakultas Kedokteran.” Ucapnya.

Prof. Agung berharap dengan didirikannya Fakultas Kedokteran di UMRAH dapat menjadikan dokter yang lebih berfokus di bidang kemaritiman sehingga menjadi Center of Excellence.

Selanjutnya Prof. Agung mengenalkan makna dari SATU GURINDAM yang merupakan akronim dari SATU (Sinergitas, Akselerasi, Transformasi, Unggul) suatu pendekatan yang digunakan untuk menjalankan program kerja yang disebut GURINDAM (Good university governance, University ranking, Research capacity strengthening, Innovation ecosystem, Networking, Dynamic carrer, Academic excellence dan Mari-Sociopreneurship millenial).

Turut hadir pada acara pembukaan tersebut Para Wakil Rektor UMRAH, Para Dekan, Kepala Biro Keuangan dan Umum, Kepala UPA di lingkungan UMRAH, serta unsur Pimpinan lainnya.

Liputan: Ariq Imron | Foto & Editor: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH)