TANJUNGPINANG – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji telah melangsungkan Seminar Internasional SHIMBA (Social-Humanities in Maritime and Border Area) ke-2. Acara yang berlangsung di Auditorium Universitas Maritim Raja Ali Haji ini di hadiri lebih dari 100 orang peserta yang terbagi atas mahasiswa, akademisi, dan pegawai pemerintah. Senin (18/9/2023).

Acara yang dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA. itu menghadirkan 5 orang pembicara dari berbagai negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand dan Norwegia, 3 orang pembicara hadir secara langsung yaitu Dr. Dafri Agussalim, M.A dari Universitas Gajah Mada, Prof. Madya Dr. Jalaluddin Bin Abdul Malek dari Universiti Kebangsaan Malaysia, Onanong Thippimol, P.hD. dari Thammasat University Thailand. dan 2 orang pembicara hadir secara daring yaitu Prof. Dr. R. Siti Zuhro, M.A dari Pusat Riset Politik – Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP-BRIN) dan Ziaul Haque Munim, P.hD. dari University of South-Eastern Norway.

Tiap-tiap pembicara mempresentasikan dan membahas materinya sejalan dengan tema seminar “Strengthening Maritime Border Governance in Southeast Asia: Regionalism and Locality.” Dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator Tika Ismail.

Acara yang diketuai oleh Nikodemus Niko, M.Sos. ini mendapatkan sambutan yang positif baik dari peserta maupun pembicara. Diantaranya menyebutkan bahwa acara serupa sangat diharapkan untuk diselenggarakan rutin setiap tahunnya mengingat daerah Kepulauan Riau merupakan kawasan Perbatasan Maritim yang berbatasan langsung dengan negata tetangga di Asia Tenggara.

LAPORAN: Panitia SHIMBA 2023