TANJUNGPINANG – Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) lolos seleksi Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) yang diinisiasi oleh Kemenpora RI. Mahasiswa tersebut ialah Alfi Riyan Syafutra, mahasiswa Fakultas FISIP Jurusan Ilmu Hukum yang merupakan Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMRAH Periode 2022 – 2023.

Alfi mengungkapkan jika dirinya tidak menyangka bahwa akan lolos karena bersaing dengan ribuan peserta dari seluruh Indonesia. “Ada ribuan peserta tapi mungkin dengan belajar dan keseriusan saya lolos. Saya kalaupun lolos alhamdulillah, kalaupun tidak lolos artinya saya masih perlu banyak belajar.” Ucapnya.

Ia juga menambahkan jika Ia mempersiapkan dengan serius dan memberikan prestasi – prestasi yang pernah ia raih, hal tersebut dikuatkan dengan evidence berupa sertifikat kepemimpinan yang pernah diikuti olehnya.

Adapun Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) merupakan salah satu kegiatan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI) yang bertujuan untuk mencetak kader pemimpin bangsa yang berkarakter dan berdaya saing global di era society 5.0. Kegiatan tersebut juga diisi oleh lembaga berkompeten seperti LEMHANAS. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan Kemenpora yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 2-16 Oktober 2023. 

Kegiatan itu diikuti ribuan pendaftar dari berbagai daerah di Indonesia yang kemudian diseleksi dengan beberapa tahapan seperti tahap administrasi, tes CAT (Computer Assissted Test), yang isinya adalah tes wawasan kebangsaan dan tahap tes wawancara. Dari beberapa tahapan yang ada dipilih 100 orang terbaik untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Liputan: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH) | Foto: Istimewa