TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) melalui Sidang Terbuka Senat Universitas selenggarakan Perayaan Dies Natalis XVI dan Wisuda Sarajana XXI serta Wisuda Pasca Sarjana III. Dilaksanakan di pelataran Gedung RKB, Kampus UMRAH Dompak. Sabtu (16/9/2023).

Pelaksanaan Sidang Terbuka Senat Universitas Maritim Raja Ali Haji dengan agenda Dies Natalis XVI, Wisuda Sarjana XXI, dan Wisuda Pascasarjana III Universitas Maritim Raja Ali Haji tersebut mengangkat tema Mencetak generasi emas maritim yang beradab, inovatif, kreatif, serta mandiri yang adaptif dengan tantangan zaman. Secara resmi dibuka oleh Ketua Senat Universitas Dra. Hj. Isnaini Leo Shanty, M.Pd.

Pada kesempatan itu Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA berkesempatan untuk menyampaikan pidatonya. Pada pidato itu Rektor menyampaikan capaian-capian UMRAH dalam 6 bulan terakhir. “UMRAH berhasil memperoleh status Klaster Utama untuk kinerja riset dan masuk dalam 200 besar Universitas di Indonesia. Hal ini menandakan Program Strategis SATU GURINDAM-University Ranking Achievement sukses di eksekusi.” Ujar Rektor.

“Sejumlah prestasi telah pula dicapai Mahasiswa UMRAH dalam ajang internasional maupun nasional seperti lolosnya 1 orang Mahasiswa UMRAH dalam Program IISMA (Indonesian International Student Mobility Award) 2023 di Victoria University of Wellington, New Zealand, selanjutnya Mahasiswa UMRAH meraih Juara Lomba Kriya di ajang Nasional Kreativesia tahun 2023, Pada tahun 2023 UMRAH kembali menunjukan kegemilangannya dalam Upaya Pelestarian Pantun sebagai warisan dunia dengan meraih juara umum di Festival Pantun Nasional 2023 yang ditaja sempena Dies Natalis ke-59 Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Mahasiswa FKIP UMRAH berhasil meraih Juara 3 Nasional pada ajang lomba tingkat Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia di Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara, serta Empat Mahasiswa UMRAH delegasi Kepri Resmi Mengikuti Sekolah Duta Maritim Indonesia.” Ungkapnya.

“Sebagai bentuk Transformasi Pendidikan Tinggi dan Implementasi Visi SATU GURINDAM, UMRAH juga ikut ambil bagian dalam beberapa kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), kegiatan-kegiatan yang menunjang nilai Indikator Kinerja Utama (IKU) PTN, kegiatan Matching Fund Kedaireka, menjalain kerja sama dengan aliansi strategis baik di level regional, nasional, maupun internasional, serta peningkatan kompetensi SDM bagi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan.” Sambung Rektor.

Pada agenda tersebut UMRAH menghadirkan Direktur Sumber Daya Manusia PT Pelindo Jasa Maritim, Rachmat Prayogi sebagai Orator Ilmiah dengan mengangkat judul orasi Industri Maritim dalam Perspektif Blue Economy.

Adapun jumlah Wisudawan yang diwisuda sebanyak 668 orang dengan rincian Fakultas Teknik dan Teknologi Kemaritiman (FTTK) berjumlah 43 orang, Fakultas Ilmu Keluatan dan Perikanan (FIKP) berjumlah 59 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Maritim (FEBM) berjumlah 117 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) berjumlah 191 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) berjumlah 248 orang, dan Pascasarjana (magister) sebanyak 10 orang.

Turut diumumkan pada Sidang Terbuka Senat itu Wisudawan Pemuncak Universitas yang diraih oleh wisudawan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Afredo Salim dengan meraih IPK 3,90 Predikat Pujian, serta Wisudawan Pemuncak Pasca Sarjana atas nama Tia Sulastri dengan meraih IPK 3,86 Predikat Pujian.

Diakhir pidatonya Rektor turut menyampaikan harapannya kepada seluruh wisudawan. “Saya mengaharapkan kepada semua lulusan untuk dapat berkolaborasi dan bersinergi membawa nama baik UMRAH dan memberikan sumbangsih kepada Almamater. Para wisudawan nantinya akan bergabung dalam alumni UMRAH dalam ikatan keluarga alumni UMRAH (IKA-UMRAH), kehadiran wisudawan dalam IKA-UMRAH tersebut adalah spirit bagi kami untuk semakin memberikan karya nyata demi kejayaan UMRAH. Bergabungnya saudara sebagai alumni UMRAH pada IKA-UMRAH, akan semakin memperpanjang tali silaturahim antar alumni.” Ucap Rektor.

Rektor juga meminta komitmen para wisudawan untuk mendukung program tracer study alumni UMRAH. Menurutnya langkah tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengetahui relevansi lulusan UMRAH   dalam   dunia   kerja,   yakni   kesesuaian   antara   proses Pendidikan  di  UMRAH  dengan  realitas  di  dunia  kerja  dan  dunia industri (link and match) pada era industry 4.0.

Turut hadir Gubernur Kepri yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur bidang Pemerintahan dan Hukum Drs. Sardison, M.TP, Ketua Harian Dewan Pertimbangan UMRAH Dr. Ir. Lamidi, MM, FORKOMPIDA, unsur Aliansi Strategis (mitra kerjasama), serta tamu undangan lainnya.

Liputan & Foto: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH)