MALANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) kembali mengirimkan delegasinya pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Tingkat Nasional XVII Tahun 2023 yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.MTQ Mahasiswa Nasional ini sendiri adalah ajang dua tahunan dari Kemendikbudristek untuk meningkatkan bakat para mahasiswa di bidang Tilawah Qur’an. Helat ini akan berlangsung selama sepekan, dimulai sejak Jum’at (3/11/2023) hingga Kamis (9/11/2023).

Keberangkatan kafilah kampus UMRAH itu dipimpin langsung oleh Wakil Rektor UMRAH bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama, Dr. Suryadi, S.P, M.H.

Saat pelepasan kafilah untuk diberangkatkan ke Malang, Dr. Suryadi berpesan kepada seluruh delegasi kampus UMRAH agar dapat menjaga nama baik almamater, sikap dan adab selama ditempat orang. “Alhamdulillah, pada hari ini adik-adik dan kita semua yang tergabung didalam kafilah kampus UMRAH akan berangkat menuju Universitas Brawijaya, Malang dalam rangka mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Tingkat Nasional ke XVII Tahun 2023. Saya berharap sepanjang kita mengikuti perhelatan tersebut, kita semua dapat menjaga nama baik almamater, sikap dan adab selama ditempat orang,” ucap Dr. Suryadi dihadapan seluruh delegasi Kampus UMRAH.

Pada kesempatan itu Dr. Suryadi juga mengajak seluruh kafilah berdoa untuk keselamatan dan kesuksesan kafilah kampus UMRAH dalam MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional ke XVII tersebut.

Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA di tempat yang terpisah menyampaikan permohonan maafnya karena tidak dapat melepas secara langsung kafilah kampus UMRAH dikarenakan sedang ada pertemuan bersama pihak Kementerian di Jakarta.

Melalui sambungan selularnya, Prof. Agung menyampaikan harapannya kepada seluruh delegasi kampus UMRAH agar dapat mengikuti ajang tersebut dengan sebaik-baiknya. Dirinya yakin para delegasi adalah orang-orang terbaik dibidangnya masing-masing yang telah diseleksi dengan ketat untuk dikirim sebagai peserta MTQ Mahasiswa Nasional XVII Tahun 2023 di Universitas Brawijaya, Malang atas nama kafilah Kampus UMRAH.

Ia berharap para delegasi dapat meningkatkan performanya agar lebih baik lagi dari keikutsertaan pada MTQ Mahasiswa Nasional sebelumnya. “Berikan yang terbaik untuk Kampus UMRAH, tingkatkan lagi performa adik-adik sekalian, berikan yang terbaik dari keikutsertaan pada MTQ Mahasiswa tingkat Nasional yang lalu,” pinta Rektor.

Berikut Delegasi yang tergabung dalam kafilah kampus UMRAH pada ajang MTQ Mahasiswa Nasional XVII Tahun 2023 di Malang:
1. Muhammad Risky, Prodi Pendidikan Matematika, cabang lomba Syarhil Quran
2. Abdil, Prodi Pendidikan Matematika, cabang lomba Syarhil Quran
3. Muhammad Razaq, Prodi Ilmu Pemerintahan, cabang lomba Syarhil Quran
4. Muhammad Rafi Akbar Nasiha, Prodi Ilmu Pemerintahan, cabang lomba Khathil Quran
5. Muhammad Rifqi, Prodi Teknik Infomatika, cabang lomba Tilawatil Quran kategori Putra
6. Melisa, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, cabang lomba Tilawatil Quran kategori Putri
7. Muhammad Adib Farhan, Prodi Ilmu Administrasi Negera, cabang lomba Tartil Quran kategori Putra
8. Melda, Prodi Ilmu Hukum, cabang lomba Tartil Quran kategori Putri
9. Andrani Hanifashahira, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, cabang lomba Tartil Quran kategori Putri

Keberangkatan para delegasi MTQ Mahasiswa Nasional XVII di Malang itu turut didampingi oleh Pembina, diantaranya:
1. Dr. Afrizal, S.IP, M.Si., Pembina cabang lomba Tilawatil  dan Tartil Quran kategori Putra
2. Siti Habibah, Lc, M.Ag., Pembina cabang lomba Tilawatil dan Tartil Quran kategori Putri
3. Maulida Mustado, S.Pd, M.Pd., Pembina cabang lomba Hifzhil Quran 10 Juz
4. Dr. Zaitun, S.S, M.Ag., Pembina cabang lomba Syarhil Quran
5. Rizaldy Siregar, M.Ag., Pembina cabang lomba Khathil Quran golongan Dekorasi

Adapun pengumuman pemenang akan disampaikan diakhir seluruh rangkaian MTQ Mahasiswa Nasional XVII Tahun 2023 di Universitas Brawijaya, Malang. Kamis (9/11/2023).

Laporan & Foto: Denny Erfanosa | Editor: Rendi A. Saputra (Tim Humas UMRAH)