TANJUNGPINANG – Kepala Biro Akademik, Perencanaan, Kemahasiswaan dan Kerja Sama (Ka. BAPKK) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Kepulauan Riau, Ary Satia Dharma, S.Sos, M.Si terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum Kepala Biro/Direktur Akademik dan Kemahasiswaan Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia. Selasa (7/11/2023).

Agenda pemilihan tersebut merupakan salah satu agenda pada acara Rapat Kerja Forum Kepala Biro/Direktur AKPK PTN se-Indonesia yang diselenggarakan di Ruang Sidang lantai 8 gedung Rektorat Universitas Brawijaya. Berlangsug selama 3 hari, sejak 6 November 2023 hingga 8 November 2023.

Kepada Humas UMRAH, Kabiro APKK UMRAH, Ary Satya Dharma menjelaskan bahwa pada agenda Raker Forum Kepala Biro/Direktur Akademik dan Kemahasiswaan PTN se-Indonesia yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya tersebut memiliki beberapa agenda diantaranya Pembahasan isu strategis terkait optimalisasi capaian Indeks Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi, pembahasan isu strategis terkait pengadministrasian kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Sharing Best Practice, serta Pemilihan Ketua Forum.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa Raker Forum Kepala Biro/Direktur AKPK PTN se-Indonesia secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa UB,  Dr. Setiawan Noerdajasakti, S.H., M.H. Sedangkan yang bertindak sebagai pimpinan rapat pada Raker tersebut adalah Direktur Administrasi dan Layanan Akademik UB, Dr. Rosihan Asmara S.E, MP.

Tidak hanya memilih Ketua Forum, Raker yang dilaksanakan di Malang itu turut memilih jajaran pengurus lainnya yakni Wakil Ketua Forum yang diisi oleh Dr. Munari, Sekretaris Forum diisi oleh Hesty, M.Si, serta Bendahara Forum diisi oleh Inayati, M.Si.

Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA usai menerima kabar baik dari Ary Satia Dharma turut mengucapkan selamat seraya berdoa untuk kesuksesan Kepala BAPKK UMRAH. “Allahu Akbar, Tahniah Pak. InsyaAllah sukses dengan amanahnya,” tulis Rektor saat menanggapi laporan dari Ary Satia Dharma melalui pesan singkatnya.

Ary sendiri telah merangkum visi ‘membangun tata kelola hebat menuju PTN berkelas dunia tahun 2045’ yang akan menjadi arah serta pedoman bersama (anggota forum) dalam mewujudkan cita-cita PTN se-Indonesia.

(Rendi/Humas UMRAH)