PADANGPANJANG – Untuk menambah pengetahuan bagaimana alih Status dari PTN SATKER ke PTN BLU, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) melalui tim Badan Layanan Umum (BLU) yang diketuai oleh Wakil Rektor bidang Keuangan dan Umum Dr. Nancy Willian, S.Si, M.Si membawa sejumlah anggotanya berkunjung ke ke Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang untuk belajar dari pengalaman ISI Padangpanjang. Kamis (30/11/2023).

Kedatangan Tim BLU UMRAH itu disambut hangat oleh Rektor ISI Padangpanjang Dr. Febri Yulika, S.Ag, M.Hum beserta Wakil Rektor I, Prof. Rosta Minawati, M.Si,  Wakil Rektor II, Dr. Nursyirwan, M.Sn dan pejabat struktural di lingkungan ISI Padangpanjang lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor ISI Padangpanjang meyampaikan bahwa pentingnya kolaborasi antar institusi pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas layanan. Dirinya turut berbagi pengalaman pribadi dan wawasan dalam mengajukan BLU serta menciptakan suasana edukatif bagi tim BLU UMRAH.

“Saat kita bergerak menuju model pengelolaan BLU, pengalaman adalah guru terbaik bagi kita semua. Saya yakin bahwa dengan berbagi pengalaman satu sama lain, kita dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik dan berkelanjutan,” ucap Rektor ISI Padangpanjang.

Dilanjutkan kata sambutan oleh Wakil Rektor bidang Keuangan dan Umum UMRAH, Dr. Nancy Willian, S.Si, M.Si. Pada kesempatan itu Dr. Nancy yang juga Ketua Tim BLU UMRAH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor ISI Padangpanjang beserta jajaran atas sambutan yang ramah kepada Tim BLU UMRAH.

Dirinya turut mengapresiasi manajemen ISI Padangpanjang yang telah sudi menyediakan waktunya untuk sharing pengalaman terkait pengurusan pengalihan status PTN Satker ke PTN BLU.

Menurutnya momentum BLU adalah titik awal untuk memulai tata kelola yang baik dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarkat. Pada kesempatan itu Dr. Nancy juga menekankan bahwa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, penetapan Praktik Bisnis yang sehat.

“Pemerintah mendorong percepatan transformasi PTN satker menjadi PTN BLU, yang dimulai dengan program revitalisasi PTN oleh Kemdikbudristek,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan Diskusi bersama yang dipimpin oleh Ketua SPI ISI Padangpanjang, Hendri jihadul Barkah, S.Sn.,M.Hum. Diskusi itupun menjadi forum yang inspiratif, dimana ide-ide cemerlang disampaikan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas Tim BLU dalam bekerja. Tim BLU UMRAH sendiri dapat belajar strategi dalam pengusulan dokumen BLU serta mendapat tips dari pengalaman ISI Padangpanjang menjadi PTN BLU.

Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA di kesempatan yang berbeda menyatakan bahwa UMRAH optimis akan menjadi PTN BLU, dirinya yakin Tim BLU UMRAH akan bekerja dengan baik dan dapat mewujudkan apa yang diinginkan. “Mohon doa dan dukungan dari kita semua, semoga tahun depan UMRAH sudah berstatus PTN BLU,” ucap Prof. ADS.

Liputan: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH) | Foto: Istimewa