KANAZAWA – Dalam upaya meningkatkan kerja sama internasional, delegasi Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) melakukan kunjungan untuk mengeksplorasi peluang kerja sama dengan Universitas Kanazawa. Delegasi diterima dengan baik oleh Vice President for International Affairs Kanazawa University, Prof. Megumi SHIMURA, Advisor to the President faculty of Chemistry Institute of Science and Engineering, Prof. Yoshihito HAYASHI, dan Advisor to the president Faculty of Law Institute of Human and Social Sciences Prof. Hidehiko ADACHI. Kamis (7/12/2023).

Pertemuan dimulai dengan sambutan dari kepemimpinan Universitas Kanazawa, yang mengungkapkan rasa terima kasih atas kunjungan UMRAH dan sambutan baik terhadap diskusi kolaboratif. Prof. Megumi SHIMURA menekankan pentingnya memperkuat hubungan antara UMRAH dan Universitas Kanazawa. Ia mengakui awal yang positif dengan dua dosen UMRAH yang melanjutkan studi di Universitas Kanazawa dan keterlibatan Universitas Kanazawa dalam seminar internasional di UMRAH, beliau mengundang untuk kolaborasi yang lebih luas dan peluang yang lebih besar bagi dosen UMRAH untuk mengejar program doktor di Universitas Kanazawa.

Menyambut apa yang disampaikan oleh Prof. Shimura, Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA menyampaikan penghargaan atas kesediaan Universitas Kanazawa dan menyampaikan ucapan terima kasih karena telah menerima inisiasi penjajakan kerja sama. Pada kesempatan itu Rektor Agung turut memperkenalkan Fakultas dan program studi yang ada di UMRAH.

Prof. Agung juga menjelaskan bahwa UMRAH merupakan perguruan tinggi negeri di Indonesia yang fokus pada bidang maritim, sehingga diharapkan memberi solusi atas beberapa isu kemaritiman. “Kami megharapkan kedepan UMRAH dapat menjadi kampus maritim yang memberi solusi atas beberapa isu kemaritiman, seperti marine environment, climate change, dan isu terhadap masalah perairan di daerah perbatasan,” ucap Prof. Agung.

“UMRAH yang memiliki letak di wilayah perbatasan dengan kondisi yang saat ini memiliki tidak lebih 30% dosen yang bergelar Doktor, perlu upaya percepatan peningkatan studi lanjut. Selain itu, kami juga mengharapkan kerja sama yang tidak hanya terbatas pada dosen tetapi juga aktivitas akademik mahasiswa seperti student exchange, keterlibatan dalam program riset, dan kolaborasi akademik lainnya, khususnya juga untuk Fakultas Kedokteran UMRAH yang baru saja didirikan pada tahun ini,” terang Rektor UMRAH.

Pada pertemuan itu Advisor to the President faculty of Chemistry Institute of Science and Engineering, Prof. Yoshihito HAYASHI, turut berkisah bahwa dirinya sering melakukan kegiatan bersifat berbagi pengalaman dengan mahasiswa Indonesia yang berprestasi yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Kanazawa. Sementara Advisor to the president Faculty of Law Institute of Human and Social Sciences Prof. Hidehiko ADACHI menekankan bahwa Indonesia merupakan penyumbang jumlah kedua terbesar mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di Universitas Kanazawa, dan kota tersebut menawarkan lingkungan yang nyaman sesuai gaya hidup mahasiswa Indonesia.

Menutup pertemuan, Prof. Megumi SHIMURA menyampaikan optimisme untuk legalisasi kerja sama di masa depan, khususnya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), terutama untuk kolaborasi dengan Fakultas Kedokteran UMRAH yang baru didirikan. Delegasi Kampus UMRAH yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja sama, Kepala Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dekan Fakultas Pendidikan dan Keguruan, Koordinator Pusat Unggulan Ilmu dan Teknologi Sumber Daya Pesisir dan Lautan, Analis Kerja sama, dan Dosen UMRAH yang sedang studi lanjut serta menjalankan program post doctoral, mendapat kesempatan untuk melakukan tour kampus. Kunjungan tersebut diisi juga dengan kunjungan ke laboratorium Kimia di Fakultas Ilmu dan Teknik serta dilanjutkan dengan pertemuan bersama Prof. Yutaka UKAJI, salah seorang pembicara pada seminar internasional di UMRAH.

Pertemuan diakhiri dengan foto bersama dan pertukaran plakat sebagai simbol semangat kolaboratif antara kedua universitas. Ke depannya, UMRAH dan Universitas Kanazawa akan terus berkomunikasi dan berkoordinasi untuk menyelesaikan draf MoU, dengan harapan menandatangani dokumen tersebut dalam waktu dekat.

Laporan: Rachmawati (Analis Kerja Sama UMRAH) | Editor: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH) | Foto: Istimewa