Universitas Maritim Raja Ali Haji menerima kunjungan dari rombongan University of Rhode Island (URI) Amerika Serikat di Kampus UMRAH Dompak, Minggu(3/11/2023).

Rombongan dari URI yang terdiri dari Prof. John Kirby, Dekan Fakultas Ilmu Hayati dan Lingkungan URI, kemudian Brenton DeBoef PhD, Direkur Sekolah Pascasarjana URI serta Brook Willians Ros, Direktur Kemitraan Bisnis dan Pendidikan Wilayah Asia URI.

Kunjungan rombongan dari Amerika ini disambut langsung oleh Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti beserta Wakil Rektor Urusan Kemahasiswaan Kerja Sama, Dr. Suryadi, Direktur Pasca sarjana, Dr Rumzi, Kepala BAKK beserta PMO Urusan Internasional UMRAH.

Pertemuan perdana delegasi URI di Kampus UMRAH ini merupakan tindak lanjut dari Penandatangan MoU yang dilakukan di Jakarta beberapa waktu silam.

Secara spesifik, pertemuan di Kampus UMRAH kali ini adalah untuk membahas bagaimana Kolaborasi Program Split Site Master Degree di program pascasarjana Magister Ilmu Lingkungan UMRAH dan Master of Environment Science and Management URI.

Prof. John Kirby memaparkan bahwa Program Master Split Site disusun khusus berdasarkan pengalaman URI bekerja sama dengan Indonesia sejak puluhan tahun untuk skema khusus ini.

“Kami ingin para mahasiswa dari luar negeri seperti di Kepri mengembangkan kapasitas mereka, jadi khusus kerja sama ini kami sudah merencang skema yang sudah kami reduksi cost pembiayaan studinya supaya sesuai dengan kondisi stakeholder kerja sama ini seperti UMRAH dan Pemprov Kepri” ujar Prof Kirby.

Menurut Prof Kirby skema program master split site ini dirancang lebih fleksibel dimana untuk satu tahun pertama dilakukan secara online, kemudian tahun kedua datang ke URI di Amerika selama 2 Semester, lalu kembali ke Indonesia untuk melanjutkan pembelajaran secara online. Semua penelitian yang dilakukan nanti di bawah pedoman kurikulum UMRAH.

Dekan Sekolah Pascasarja URi, Dr. Brenton mengatakan bahwa mereka ingin mewujudkan skema ini dan juga mengajak dosen UMRAH untuk melanjutkan Ph.D di URI, sebagai tindak lanjut dan keseriusan UMRAH bermitra dengan URI. Ada yang menarik di sesi diskusi ini karena Prof. Kirby langsung menodong Kepala LPPM Henky Irawan untuk melanjutkan Studi PhD di URI dan Dia akan membiayai langsung sebagai investasinya dalam meningkatkan kapasitas mitra.

Rektor UMRAH, Prof Agung sangat menyambut baik kunjungan dari URI ini karena ini merupakan kunjungan perdana dari URI setelah komunikasi dilakukan secara online dan pertemuan dilakukan di jakarta beberapa bulan silam.

“Kami menyambut baik skema yang ditawarkan, untuk pendanaan setakat ini dari LPDP belum mendukung skema gelar ganda UMRAH dan URI” ujar Rektor.

Namun menurut Prof. Agung, UMRAH akan mengundang Direktur Fullbright untuk membincangkan skema program ini.
“Dan juga kami sedang mengusahakan stakeholder terkait untuk mendanai 13 dosen yang ingin melanjutkan S3 di URI” ujar Prof Agung.

Pihak URI sendiri sudah berbicara dengan BAPPENAS dan Fullbright. “Bappenas dan Fullbright sangat tertarik dengan skema yang diajukan oleh URI” ujar Brook.

Pertemuan diakhiri dengan penandatanganan Letter of Intent antara UMRAH dan URI dan saling bertukar cinderamata. Sambil berjalan menuju mobil, Prof. Kirby cukup impres dengan panorama yang dimiliki oleh Kampus UMRAH dompak yang terletak di Tepi muara Dompak. Rombongan URI kemudian diajak mengunjungi Desa Binaan UMRAH di Bintan, Desa Pengudang. (AP)

Editor / Adi Pranadipa