TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) sukses menggelar workshop dengan tema Peningkatan Kerja Sama Program Studi dengan Mitra sesuai dengan Kriteria Indikator Kinerja Utama (IKU) 6 Perguruan Tinggi dan Peraturan Mendikbud Nomor 03 Tahun 2021. Diselenggarakan di Trans Convention Centre Tanjungpinang. Kamis (30/11/2023).

Workshop tersebut melibatkan beberapa pembicara diantaranya, dari Sekretariat Ditjen Diktiristek, Yayat Hendayana (Ketua Tim Humas dan Kerja Sama Sekretariat Ditjen Diktiristek), Firman Hidayat (Sub Koordinator Substansi Kerja sama Sekretariat Ditjen Diktiristek), Yulita Priyoningsih (Sub Koordinator Rekognisi Pembelajaran Lampau Kemahasiswaan), dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang.

Workshop itu dibuka oleh Dr. Suryadi, S.P, M.H. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja sama UMRAH. Dirinya menekankan pentingnya kolaborasi dan kemitraan dalam mencapai status universitas kelas dunia. “Perlunya mematuhi standar dan regulasi, khususnya yang diuraikan dalam Peraturan Menteri terkait Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi,” tambahnya.

Diakhir sambutannya, Dr. Suryadi menyampaikan optimismenya bahwa penguatan IKU 6 akan berdampak positif pada peningkatan IKU secara keseluruhan.

Topik utama yang dibahas selama workshop mencakup mekanisme Pengurusan Perjalanan Dinas Luar Negeri (PDLN) yang disampaikan oleh Yayat Hendayana, materi peningkatan kerja sama program studi sesuai IKU 6 dan kewenangan penandatanganan naskah dinas Permendikbud nomor 3 tahun 2021 disampaikan oleh Firman Hidayat. Selain itu, Belmawa Ditjen Diktiristek membahas mekanisme persiapan administrasi Penyelenggaraan dan Pelaporan Kerja sama Program Bergelar (Joint Program/Joint Degree/Dual Degree). Materi terakhir disampaikan oleh KAKANIM KELAS I Tanjungpinang terkait mekanisme perizinan dan pelaporan mahasiswa asing.

Adapun peserta workshop itu diantaranya unsur pimpinan UMRAH, para ketua jurusan, dosen, dan staf pengelola kerja sama. Tidak hanya unsur internal UMRAH, workshop tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari institusi lain seperti Wakil Rektor Bidang Kerja sama Universitas Jambi, Wakil Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, perwakilan Kantor Urusan Internasional Universitas Syiah Kuala, ISI Padangpanjang, Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Batam, dan Universitas Hang Tuah Pekanbaru.

Workshop yang digelar itupun menjadi wadah dinamis untuk bertukar ide dan praktik terbaik dalam memperkuat hubungan UMRAH dengan institusi akademik lainnya. Berjalan lancar, workshop ditutup dengan sesi foto bersama.

Laporan: Rachmawati (Kerja Sama UMRAH) | Editor: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH) | Foto: Yulihendri & Zalmidian