TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Kepulauan Riau gelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama Universitas Negeri Padang (UNP) dalam rangka pendampingan pengembangan UMRAH menjadi Perguruan Tinggi Negeri Pengelola Keuangan Badan Layanan Umum (PTN PKBLU). Dilaksanakan di gedung Auditorium UMRAH, Dompak. Jumat (12/1/2024).

Universitas Negeri Padang (UNP) hadir dalam kapasitasnya sebagai PTN pendamping dalam proses percepatan UMRAH ke BLU. Hadir langsung pada kesempatan itu Rektor UNP, Prof. Dr. Ganefri, Ph.D. beserta jajarannya.

Dalam sambutannya Prof. Ganefri yang juga Ketua Umum Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (MRPTNI) itu menyebutkan bahwa UMRAH dibawah kepemimpinan Prof. Agung Dhamar Syakti sudah berkembang dengan pesat. Hal tersebut menurutnya merupakan buah dari usaha dan kegigihan Prof. Agung selaku Rektor UMRAH. Dirinya mengaku bahwa kehadirannya di UMRAH merupakan yang kedua kalinya.

Prof. Ganefri juga mengatakan bahwa perubahan UMRAH menjadi PTN BLU merupakan sebuah keharusan. Prof. Ganefri menambahkan bahwa jika nanti UMRAH menjadi PTN BLU akan membuat UMRAH menjadi lebih lincah bergerak terutama dalam tata kelola keuangan dan mendapatkan sumber pendanaan diluar uang kuliah tunggal (UKT).

Diakhir sambutannya ia berpesan agar setiap pendapatan yang didapat nanti harus dimasukan ke dalam daftar tarif layanan BLU yang ada di Kampus UMRAH.

Dilanjutkan sambutan oleh Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA. Pada sambutannya Rektor Agung mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNP beserta jajaran yang telah hadir di kampus UMRAH dalam rangka memberikan pendampingan.

“Jika BLU nanti paling tidak UMRAH ingin menjadi perekat bagi masyarakat Kepri, dengan kondisinya yang terdiri dari banyak pulau, UMRAH dengan modal aset berupa lahan yang ada dibeberapa kabupaten dan kota seperti Natuna, Anambas, Lingga, dan Tanjungpinang akan menjadi bahan apa yang bisa kita kembangkan disana, agar daerah tersebut juga dapat berkembang.” Ucap Rektor Agung.

Rektor sendiri telah menargetkan di tahun 2024 ini UMRAH bisa bertransformasi menjadi PTN BLU dan akan meningkatkan pelayanan Tridharma kepada Masyarakat.

Pada kesempatan yang sama dalam presentasinya, Wakil Rektor bidang Keuangan dan Umum, Dr. Nancy Willian, S.Si, M.Si selaku Ketua Tim BLU UMRAH memaparkan bahwa UMRAH mendapatkan dana program revitalisasi perguruan tinggi negeri dengan tujuan peningkatan sarana dan prasarana untuk menghasilkan pendapatan diluar pendapatan bidang akademik.

Liputan & Foto: Rendi/Humas UMRAH