TANJUNGPINANG – Dalam upaya untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergi dalam dunia pendidikan tinggi, telah dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Maritim (FEBM) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dengan dua Fakultas di dua Kampus yang berbeda yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sumatera Utara (USU) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya Malang.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Maritim (FEBM) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sumatera Utara (USU) maupun Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya telah sepakat untuk menjalin kerja sama yang bertujuan untuk saling mendukung dan memperkaya pengalaman akademik mahasiswa serta meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing institusi.

Perjanjian itu mencakup berbagai aspek, termasuk pertukaran mahasiswa, pertukaran tenaga pengajar, penelitian bersama, dan pengembangan kurikulum yang berfokus pada bidang-bidang tertentu yang menjadi keahlian masing-masing fakultas.

Dr. Suryadi, SP, M.H selaku Plt. Dekan FEBM UMRAH mengharapkan dengan adanya kerja sama tersebut, mahasiswa dan tenaga pengajar dari masing-masing institusi akan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk berkolaborasi, bertukar pengalaman, dan mengembangkan potensi mereka dalam lingkungan akademik yang lebih luas.

Menurutnya Penandatanganan perjanjian itu merupakan langkah awal yang penting dalam memperkuat hubungan antara sesama fakultas maupun kampus, serta merupakan komitmen bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Penandatanganan Kerja Sama dengan FEB USU dilakukan pada Selasa (27/2/2024) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) USU sendiri. Kerja sama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi itu akan segera ditindaklanjuti dengan Visiting Lecture dan Kuliah Umum dari Dosen Prodi Akuntansi, Manajemen dan Bisnis Digital FEBM UMRAH di FEB USU pada tanggal 7-8 Maret 2024 mendatang. Selain itu saat ini sedang dirancang juga penelitian bersama dan pengabdian masyarakat bersama dengan berbagai tema tema aktual.

Sedangkan penandatanganan kerja sama antara FEBM UMRAH dengan FEB Universitas Brawijaya dilakukan pada Selasa (5/3/2024) di FEB Universitas Brawijaya Malang.

Penandatanganan naskah kerja sama antara FEBM UMRAH dengan FEB USU dan FEB UB itu dilakukan langsung oleh Plt. Dekan FEBM UMRAH, Dr. Suryadi, SP, M.H yang juga merupakan Wakil Rektor UMRAH bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama.

Liputan: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH) | Foto: Istimewa