Prodi Perkapalan UMRAH Jalin Kerja Sama Strategis dengan 3 Galangan Kapal

You are currently viewing Prodi Perkapalan UMRAH Jalin Kerja Sama Strategis dengan 3 Galangan Kapal

BATAM – Fakultas Teknik dan Teknologi Kemaritiman (FTTK) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), melalui Program Studi Teknik Perkapalan, telah menjalin kerja sama strategis dengan tiga perusahaan galangan kapal terkemuka yang ada di Batam. Ketiga perusahaan tersebut adalah PT Penguin Shipyard, PT Batam Mitra Sejahtera Shipyard (BMS), dan PT Wira Bahari Shipyard (WBS).

Penandatanganan kerja sama itu dilaksanakan pada Kamis, (1/8/2024) di galangan kapal ketiga perusahaan tersebut. Acara itu dihadiri langsung oleh Ketua Program Studi Teknik Perkapalan UMRAH, Moh Ridho Baihaque, M.Sc, serta Kepala Biro Akademik, Perencanaan, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama UMRAH, Ary Satya Dharma, S.Sos, M.Si, beserta tim.

Kerja sama yang telah disepakati tersebut akan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi mahasiswa dan alumni UMRAH, khususnya Program Studi Teknik Perkapalan, untuk magang ataupun berkarir di perusahaan-perusahaan tersebut. Selain itu, ketiga perusahaan galangan kapal tersebut berkomitmen untuk turut berperan dalam mengembangkan kemampuan sumber daya manusia di Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Ketua Program Studi Teknik Perkapalan, Moh Ridho Baihaque, M.Sc, menyatakan bahwa kerja sama yang dijalin tersebut bertujuan untuk memperkuat dan memperkaya pengetahuan dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan kapasitas diri serta mendukung program Merdeka Belajar yang digagas oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim.

“Kami sangat antusias dengan kerja sama ini karena memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa dan dosen. Ini adalah langkah besar dalam mendukung program Merdeka Belajar dan mempersiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia industri,” ujar Moh Ridho Baihaque.

Sementara itu, Kepala Biro Akademik, Perencanaan, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama UMRAH, Ary Satya Dharma, M.Si, yang turut serta dalam penjajakan kerja sama itu, juga menyampaikan komitmennya untuk terus menjalin kerja sama dengan dunia industri hingga tahap implementasi.

“Kami akan terus menjalin kerja sama yang erat dengan industri untuk memastikan bahwa kerja sama ini tidak hanya berhenti pada penandatanganan, tetapi juga dilaksanakan dengan baik dan memberikan manfaat nyata bagi semua pihak,” kata Ary Satya Dharma.

Kerja sama dengan PT Penguin Shipyard, PT Batam Mitra Sejahtera Shipyard (BMS), dan PT Wira Bahari Shipyard (WBS) diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik dalam mengembangkan potensi mahasiswa dan dosen di bidang perkapalan serta memperkuat hubungan antara UMRAH dan industri maritim.

UMRAH terus berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan industri, guna menghasilkan lulusan yang siap berkontribusi dalam kemajuan industri maritim di Indonesia.

Laporan: Muhammad Ulul Azmi, Rendi A. Saputra (Humas UMRAH)
Foto: Istimewa