UPA Lab Terpadu dan Prodi Kimia FTTK Kunjungi UKM dan UTM Malaysia

You are currently viewing UPA Lab Terpadu dan Prodi Kimia FTTK Kunjungi UKM dan UTM Malaysia

MALAYSIA – Kepala Unit Penunjang Akademik (UPA) Laboratorium Terpadu dan Plt. Ketua Program Studi Kimia Fakultas Teknik dan Teknologi Kemaritiman (FTTK) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), bersama dengan dosen dari Program Studi Kimia, telah melaksanakan kunjungan kerja sama ke Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Kunjungan yang berlangsung dua hari itu bertujuan untuk membahas dan mempererat kerjasama dalam bidang akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat antara kedua institusi, kamis (1/8/2024).

Pada hari pertama, (1/8) delegasi UMRAH yang dipimpin oleh Hilfi Pardi, Kepala UPA Laboratorium Terpadu, dan Dina Fitriyah, Plt. Ketua Program Studi Kimia, mengadakan diskusi intensif dengan pihak UKM. Diskusi itu juga melibatkan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, yang kebetulan hadir di UKM pada waktu yang bersamaan. Pembahasan dalam diskusi itu mencakup berbagai aspek kerjasama, seperti kegiatan dosen tamu, team teaching, kolaborasi riset, publikasi bersama, pengabdian kepada masyarakat, penulisan book chapter, kegiatan kemahasiswaan, dan kolaborasi dalam penerbitan jurnal ilmiah.

Kunjungan tersebut diharapkan dapat menjadi landasan yang kuat untuk pengembangan kerja sama strategis antara UMRAH dan UKM, yang akan memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas akademik dan penelitian di kedua institusi. Kerja sama itu juga mencerminkan komitmen UMRAH untuk terus memperluas jaringan kerja sama internasional dan meningkatkan kualitas pendidikan serta penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Kami sangat antusias dengan peluang kerjasama ini. Kami yakin kolaborasi ini akan memberikan manfaat besar bagi kedua institusi, khususnya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Dr. Nurul Asikin, perwakilan dari pengajar UKM.

Dilanjutkan hari kedua, (2/8) pihak UKM mengajak delegasi UMRAH untuk melihat langsung fasilitas laboratorium yang ada di kampus UKM, termasuk laboratorium material dan Centre for Research and Instrumentation Management (I-CRIM). Kunjungan itu memberikan kesempatan bagi delegasi UMRAH untuk menjajaki peluang kerja sama lebih lanjut dalam pengembangan Laboratorium Terpadu UMRAH, seperti pengiriman sampel, mengundang tenaga ahli, dan staf mobility untuk magang di laboratorium UKM.

Pihak UKM menyambut kunjungan tersebut dengan hangat. Dr. Muntaz binti Abdullah, Ketua Departemen Kimia UKM, menyampaikan harapannya agar kerja sama tersebut dapat berjalan lancar dan memberikan kontribusi positif bagi kedua institusi.

“Kami sangat senang menerima kunjungan dari UMRAH dan berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan akademik dan penelitian di kedua institusi,” ujarnya.

Tidak hanya ke UKM, delegasi UMRAH melanjutkan kunjungan ke Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Minggu (4/8). Kunjungan itu disambut oleh Dekan Faculty Chemistry and Engineering, Prof. Rahmat bin Mohsin, dan Prof. Aishah Abdul Jalil, selaku Direktur Riset. Dari pertemuan tersebut Kedua belah pihak sepakat untuk fokus pada kolaborasi di bidang energi terbarukan, material maju dari limbah industri, dan Ocean Thermal. Kolaborasi itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian di kawasan Asia Tenggara.

Kerjasama tersebut diharapkan segera direalisasikan dalam berbagai kegiatan akademik dan penelitian yang akan memberikan manfaat besar bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti di ketiga institusi. Pihak UMRAH berharap kunjungan itu menjadi awal yang baik untuk kerja sama yang lebih erat dalam bidang kemaritiman di ASEAN.

Laporan: Tim Prodi Kimia, Rendi A. Saputra
Foto: Istimewa