Menteri Singapura, Dr. Mohamad Maliki Bin Osman Beri Kuliah Umum di Kampus UMRAH

You are currently viewing Menteri Singapura, Dr. Mohamad Maliki Bin Osman Beri Kuliah Umum di Kampus UMRAH

TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri Kedua dan Menteri Pendidikan Kedua Singapura, Dr. Mohamad Maliki Bin Osman, yang memberikan kuliah umum di Galeri Tamadun Maritim, Gedung Satu Gurindam-Ismeth Abdullah, Kampus UMRAH Dompak. Selasa, (20/8/2024).

Acara itu dihadiri oleh lebih dari seratus mahasiswa UMRAH yang antusias untuk mendengarkan wawasan dan pengalaman dari salah satu tokoh penting Singapura.

Kuliah umum tersebut secara resmi dibuka oleh Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA, yang juga memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Agung menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan Dr. Mohamad Maliki bin Osman untuk berbagi pengetahuan dengan para mahasiswa UMRAH. Beliau menekankan pentingnya kesempatan itu sebagai ajang bagi mahasiswa untuk belajar langsung dari pemimpin internasional yang memiliki banyak pengalaman di bidang pendidikan dan diplomasi.

Dalam kuliah umum tersebut, Dr. Mohamad Maliki bin Osman membahas tentang Singapura sebagai negara kecil dengan pergerakan yang masif di berbagai bidang seperti ekonomi, pendidikan, dan politik. “Singapura merupakan negara kecil dengan segudang prestasi cemerlang di mata dunia. Apapun yang Singapura lakukan selalu menjadi gagasan baru dalam dunia internasional,” ujar Dr. Mohamad Maliki.

Beliau menjelaskan bahwa keberhasilan Singapura tidak terlepas dari ketaatan masyarakat terhadap peraturan yang ketat, bahkan untuk hal-hal kecil seperti meludah atau membuang sampah. Selain itu, Dr. Mohamad Maliki juga menyoroti sistem pendidikan di Singapura yang sangat terstruktur dan sistematis. Sistem pendidikan yang berfokus pada peningkatan kemampuan peserta didik menjadi salah satu kunci utama mengapa pendidikan di Singapura dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

“Investasi Singapura dalam sumber daya manusia melalui pendidikan yang terstruktur telah menghasilkan output yang signifikan, menjadikan Singapura sebagai salah satu negara dengan ekonomi tertinggi di dunia,” tambahnya.

Kuliah umum yang dipandu oleh Dekan FKIP UMRAH, Satria Agust, S.S, M.A itu mendapatkan respon positif dari para mahasiswa, yang terlihat dari antusiasme mereka dalam sesi tanya jawab yang membahas berbagai topik terkait Singapura. Para mahasiswa UMRAH sangat antusias dan bersemangat untuk mengetahui lebih dalam tentang kebijakan dan sistem yang diterapkan di Singapura serta bagaimana hal tersebut dapat menjadi inspirasi bagi Indonesia.

Dengan berlangsungnya acara tersebut, UMRAH kembali menunjukkan komitmennya untuk memberikan wawasan internasional kepada para mahasiswa dan memperkaya pengalaman akademik mereka melalui pembelajaran dari para pemimpin dunia.

Tidak hanya kuliah umum, Menteri Singapura itu turut menyumbangkan beberapa buku tentang Singapura untuk koleksi di Perpustakaan UMRAH. Koleksi buku-buku itupun mendapatkan apresiasi dari UMRAH dengan diberikan ruang khusus dengan dinamai Pojok Singapura.

Laporan & Foto: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH)