Kakanwil Kemenkumham Kepri Beri Kuliah Umum Bela Negara di Kampus UMRAH

You are currently viewing Kakanwil Kemenkumham Kepri Beri Kuliah Umum Bela Negara di Kampus UMRAH

TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) gelar kuliah umum bertemakan “Semangat Bela Negara di Wilayah Perbatasan” yang disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Kepulauan Riau, I Nyoman Gede Surya Mataram, S.H., M.H. Acara yang berlangsung di Galeri Tamadun Maritim, Gedung Satu Gurindam-Ismeth Abdullah, Kampus UMRAH Dompak itu dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai program studi. Selasa, (20/8/2024).

Dalam kuliah umum tersebut, I Nyoman Gede Surya Mataram menekankan pentingnya semangat bela negara, terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan seperti Kepulauan Riau. Beliau menguraikan konsep wawasan nusantara sebagai cara pandang dan sikap bangsa Indonesia dalam menjaga jati diri serta sumber daya alam dan non-alam yang dimiliki bangsa.

Dirinya juga membahas tentang dasar hukum yang mendukung upaya bela negara, termasuk Undang-Undang Dasar 1945 dan sejumlah undang-undang lainnya yang mengatur tentang pertahanan dan keamanan negara. Dalam pemaparannya, I Nyoman Gede Surya Mataram menekankan lima nilai dasar bela negara, yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara.

“Sikap dan perilaku warga negara yang mencintai negara serta memahami pentingnya pertahanan dan keamanan nasional sangat diperlukan dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Indonesia, terutama di daerah perbatasan seperti Kepulauan Riau,” ujar I Nyoman Gede Surya Mataram.

Acara itu mendapat apresiasi yang tinggi dari para mahasiswa yang hadir, ditunjukkan dengan antusiasme mereka dalam sesi tanya jawab. Para mahasiswa menanyakan berbagai isu terkait keamanan, kedaulatan, serta peran mereka dalam bela negara sebagai generasi muda.

Kuliah umum tersebut merupakan bagian dari upaya UMRAH untuk meningkatkan kesadaran bela negara di kalangan mahasiswa, serta memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. Dengan kegiatan seperti itu, UMRAH berkomitmen untuk terus mendorong mahasiswa agar lebih aktif dalam berbagai kegiatan yang mendukung ketahanan dan keamanan negara.

Laporan: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH)
Foto: Ahmad (Kerja Sama UMRAH)