Gubernur Ansar Ahmad Beri Kuliah Umum di UMRAH

You are currently viewing Gubernur Ansar Ahmad Beri Kuliah Umum di UMRAH

Tekankan Pentingnya Pendidikan Berkualitas untuk Masa Depan Kepulauan Riau

TANJUNGPINANG – Ribuan mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang dengan antusias mengikuti kuliah umum yang disampaikan oleh Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, di Pelataran Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Maritim UMRAH. Dalam acara yang berlangsung hangat tersebut, Gubernur Ansar membagikan kiat-kiatnya dalam membangun Provinsi Kepulauan Riau dengan anggaran terbatas, mulai dari pendidikan dan kesehatan hingga infrastruktur dan perlindungan masyarakat. Kamis (19/9/2024).

Sebagai Ketua Umum Dewan Pertimbangan UMRAH, Gubernur Ansar menjelaskan pentingnya peran pendidikan dalam menciptakan generasi penerus yang sukses dan unggul. “Saya selalu berkeliling ke kampus-kampus dan sekolah-sekolah untuk mengingatkan generasi muda bahwa mereka adalah penentu masa depan Kepri dan bangsa ini. Pendidikan berkualitas adalah kunci untuk mencapai hal tersebut,” ungkapnya.

Gubernur Ansar juga memberikan apresiasi kepada para dosen dan tenaga pendidik di Kepulauan Riau yang telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Beliau mengungkapkan bahwa Kepri saat ini menempati peringkat ketiga nasional dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) setelah DKI Jakarta dan Yogyakarta. “IPM ini sangat dipengaruhi oleh indeks pendidikan, kesehatan, dan daya beli masyarakat. Oleh karena itu, pendidikan sangat penting untuk kemajuan daerah,” lanjutnya.

Dalam paparan tersebut, Gubernur Ansar menegaskan bahwa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pendidikan dan kesehatan adalah tugas mandatory yang harus diprioritaskan oleh pemerintah daerah. “Anggaran untuk pendidikan di APBD telah ditetapkan minimal 20%, dan kesehatan 10%. Di Kepri, pendidikan telah mencapai 23% dan kesehatan lebih dari 11% dari total anggaran,” tambah Gubernur Ansar.

Selain pendidikan, Gubernur Ansar juga menyoroti potensi besar Kepulauan Riau sebagai provinsi maritim. Dengan 96% wilayah berupa laut dan hanya 4% daratan, Kepri memiliki potensi besar di sektor kemaritiman, yang semakin diperkuat dengan keberadaan Kawasan Perdagangan Bebas (FTZ) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi atas materi kuliah umum yang disampaikan Gubernur Ansar. “Materi yang disampaikan akan kami catatkan dan bukukan sebagai kontribusi dari pimpinan daerah dalam pembangunan kemaritiman dan kepulauan di Provinsi Kepulauan Riau,” ujar Rektor.

Acara kuliah umum yang dipandu oleh Jamhur Poti selaku moderator tersebut berlangsung interaktif dengan adanya kuis dadakan, dialog langsung, dan hiburan dari Gubernur Ansar yang membawakan beberapa lagu, menjadikan suasana semakin meriah dan penuh semangat.

Laporan & Foto: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH)