Ribuan Mahasiswa UMRAH Belajar Kepemimpinan dari Wali Kota Batam, Muhammad Rudi

You are currently viewing Ribuan Mahasiswa UMRAH Belajar Kepemimpinan dari Wali Kota Batam, Muhammad Rudi

TANJUNGPINANG – Ribuan mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mendapatkan kesempatan berharga untuk belajar langsung tentang kepemimpinan dari Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, dalam kuliah umum yang diselenggarakan di Kampus UMRAH Dompak, Tanjungpinang. Jumat (20/9/2024).

Dalam kuliah umum tersebut, Wali Kota Muhammad Rudi berbagi pengalaman selama 14 tahun memimpin Batam, dari awal menjabat sebagai Wakil Wali Kota hingga menjabat sebagai Wali Kota Batam untuk dua periode. Selain itu, Rudi juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam selama lima tahun terakhir.

“Semoga apa yang kami lakukan di Batam dapat menjadi pelajaran bagi kalian semua, bagaimana kami membangun Batam menjadi kota modern dan maju,” ujar Rudi dalam pemaparannya.

Rudi menjelaskan sejumlah proyek pembangunan yang telah dilakukan di Batam, termasuk pembangunan Bandara Hang Nadim, Pelabuhan Batuampar, jalan protokol, dan Proyek Strategis Nasional Pulau Rempang. Menurutnya, proyek-proyek tersebut merupakan bagian dari upaya untuk menjadikan Batam sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang kompetitif dan maju.

“Yang akan mengisi dan meneruskan pembangunan ini di masa depan adalah kalian, para mahasiswa,” tambahnya.

Selain fokus pada pembangunan fisik, Rudi juga menekankan pentingnya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal. Pihaknya telah memberikan insentif kepada para guru, mubalig, imam masjid, pendeta, dan guru ngaji dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kualitas pendidikan di Kota Batam.

“Dengan melibatkan anak muda yang memiliki pemikiran cemerlang, kami berharap pembangunan ke depan dapat selaras dengan aspirasi generasi muda,” ujar Rudi.

Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA, menyampaikan apresiasi atas kehadiran Wali Kota Batam dalam kuliah umum tersebut. Menurutnya, pemikiran yang disampaikan Wali Kota Rudi akan sangat bermanfaat bagi para mahasiswa dalam memahami kepemimpinan dan tantangan di dunia nyata.

“Acara ini memberikan wawasan yang berharga, yang dapat dijadikan pembelajaran dan referensi bagi para mahasiswa di masa depan,” tutup Prof. Agung.

Kuliah umum yang dipandu oleh Dr. Asmaul Husna, S.E., M.Ak itu juga diisi dengan sesi diskusi interaktif, dimana mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada Wali Kota, menciptakan suasana yang penuh semangat dan antusiasme.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Batam 2 periode itu turut memberikan bantuan tunai sebesar 50 juta rupiah untuk biaya pembangunan Masjid Muhith Al Ulum Kampus UMRAH Dompak.

Laporan & Foto: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH)