Menghadirkan Komisioner KI Pusat, UMRAH Gelar Bimtek Keterbukaan Informasi Publik

You are currently viewing Menghadirkan Komisioner KI Pusat, UMRAH Gelar Bimtek Keterbukaan Informasi Publik

TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Peningkatan Pemahaman dalam Keterbukaan Informasi Publik bagi Tim PPID Utama, PPID Pelaksana, dan Pengelola Website Unit Kerja di lingkungan UMRAH.

Acara yang mengusung tema “Melalui E-Monev KIP 2024 Kita Wujudkan UMRAH sebagai Perguruan Tinggi Informatif” itu berlangsung di Ruang Amphi Theater, Gedung Muhammad Sani-Satu Gurindam, Kampus UMRAH Dompak. Selasa (24/9/2024).

Kegiatan Bimtek dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor UMRAH Bidang Keuangan dan Umum, Dr. Nancy Willian, S.Si, M.Si, pada kesempatan itu dirinya menekankan pentingnya keterbukaan informasi publik sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi lembaga pendidikan tinggi di era digital saat ini.

Tidak lupa, atas nama civitas akademika UMRAH, Dr. Nancy menyampaikan rasa terima kasih kepada para narasumber atas kesediaannya telah dapat hadir secara langsung ke kampus UMRAH di Tanjungpinang.

Dalam kesempatan tersebut, hadir sebagai narasumber Komisioner Komisi Informasi Pusat RI, Rospita Vici Paulyn, S.T, dengan materi berjudul “Penguatan PPID dan Tata Kelola Layanan Informasi Publik yang Berkualitas Menuju PTN UMRAH yang Terbuka dan Informatif”, serta Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat RI, Annie Londa, S.H, M.H, yang menyampaikan materi “Optimalisasi Layanan PPID sebagai Badan Publik Informatif”. Kedua narasumber memberikan wawasan mendalam mengenai tata kelola informasi publik yang efektif dan profesional di lingkungan perguruan tinggi.

Kegiatan yang dipandu oleh Ahmad, S.E, M.M selaku Moderator itu diikuti oleh Dekan, Satuan Pengawas Internal, Wakil Dekan, Kepala Lembaga, Kepala Biro, Kepala Unit Penunjang Akademik, Tim PPID Utama, PPID Pelaksana, Pengelola Website, Tim Pengadaan Barang dan Jasa, serta Tenaga Kependidikan di lingkungan UMRAH sebagai peserta. Antusiasme pesertapun terlihat jelas dari interaksi aktif sepanjang sesi.

Bimtek tersebut diharapkan dapat memperkuat pemahaman dan kemampuan pengelolaan informasi publik di UMRAH, sejalan dengan tujuan untuk menjadikan UMRAH sebagai perguruan tinggi yang informatif dan transparan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Laporan dan Foto: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH)