UMRAH Gelar Kompetisi Kewirausahaan Antar Mahasiswa

You are currently viewing UMRAH Gelar Kompetisi Kewirausahaan Antar Mahasiswa

TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) melalui UPA Pengembangan Karir dan Kewirausahaan sukses menggelar kompetisi kewirausahaan antar mahasiswa. Acara tersebut berupa lomba penyusunan proposal bisnis yang diadakan di Gedung Satu Gurindam-Muhammad Sani, Kampus UMRAH Dompak, dengan diikuti oleh 7 kelompok mahasiswa dari berbagai program studi. Jumat (11/10/2024).

Proposal bisnis yang diajukan dalam kompetisi itu beragam, mulai dari bisnis kuliner inovatif, produksi pupuk cair untuk pertanian, hingga pengolahan limbah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM). Menariknya, kompetisi tersebut juga diikuti oleh mahasiswa semester awal, yang menunjukkan antusiasme besar dalam bidang kewirausahaan.

Untuk memberikan penilaian yang objektif, panitia menghadirkan juri-juri berpengalaman di bidangnya, antara lain Dr. Johny Budiman, S.E., S.H., M.M., M.Ak., M.A., seorang praktisi keuangan dan pajak, serta akademisi. Selain itu, hadir pula Asrar Purba, B.Sc., S.E., M.NLP, Ketua Asosiasi Manajemen Indonesia Kota Batam, serta Arseto Pinontoan dari Gerakan Ekonomi Kreatif Provinsi Kepulauan Riau, yang berpengalaman dalam membina start-up digital di wilayah tersebut.

Kepala UPA Pengembangan Karir dan Kewirausahaan UMRAH, Dr. Rafki Rasyid, S.E., M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa kompetisi tersebut bertujuan untuk menjadi wadah pembelajaran bagi mahasiswa sekaligus mendorong mereka untuk mulai berwirausaha sedini mungkin. “Banyak contoh pengusaha sukses yang memulai bisnis sejak kuliah, seperti Kaskus dan Facebook. Hal ini seharusnya menjadi inspirasi bagi mahasiswa UMRAH untuk tidak takut memulai usaha, bahkan sebelum lulus,” ujar Dr. Rafki.

Kompetisi itu menjadi ajang yang penuh antusiasme, dimana setiap kelompok mahasiswa mempresentasikan ide bisnis mereka di hadapan dewan juri. Para juri pun memberikan masukan berharga terkait penyempurnaan proposal bisnis, termasuk dalam hal tata penulisan, kelayakan anggaran, promosi, dan inovasi yang ditawarkan.

Kegiatan tersebut resmi ditutup pada pukul 15.00 WIB, dengan pengumuman pemenang yang akan disampaikan pada seminar kewirausahaan UMRAH tanggal 27 Oktober 2024. Selain piagam penghargaan, para pemenang juga akan menerima uang pembinaan. Dr. Rafki berpesan kepada seluruh peserta untuk hadir dalam seminar tersebut, yang akan menghadirkan narasumber berpengalaman di bidang kewirausahaan.

Laporan: UPA Pengembangan Karir dan Kewirausahaan UMRAH | Editor: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH)
Foto: Istimewa