Tanjungpinang IF – Teknik Informatika UMRAH melaksanakan kegiatan Bebras Challenge (Tantangan Bebras) yang diikuti oleh sekolah-sekolah untuk wilayah Tanjungpinang dan Bintan, Kamis (15/11). Kegiatan ini adalah kegiatan internasional yang dilaksanakan pada Pekan Bebras yakni di awal bulan November setiap tahunnya.

Tahun ini adalah tahun perdana bagi UMRAH sebagai koordinator biro Kepulauan Riau melaksanakan Bebras Challenge.

Peserta dari level SD (Siaga), SMP (Penggalang), hingga SMA/SMK (Penegak) sangat antusias untuk menyelesaikan tantangan walaupun diawal pelaksanaan ada sedikit kendala.

Tantangan dibagi menjadi dua sesi berbeda yang disesuaikan dengan level peserta. Pukul 07.30 – 09.30 diperuntukkan bagi level siaga dan penggalang, sedangkan untuk level penegak dimulai pukul 10.30-12.30.

Lokasi pelaksanaan berada di masing-masing sekolah yang berpartisipasi dan terdaftar Total ada 5 lokasi pelaksanaan pada kegiatan Bebras wilayah Tanjungpinang dan Bintan dengan peserta sebanyak 190 peserta.

Persaingan para peserta tidak hanya  di wilayah Kepri saja, tetapi juga bersaing di skala nasional. Karena kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dengan total peserta lebih dari 5200 siswa.

Kegiatan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Peserta dapat mengikuti tantangan asalkan memiliki akun di portal Olympia.id dan mendaftar ke perwakilan biro masing-masing daerah.

Harapan terlaksananya kegiatan Bebras Challenge ini adalah supaya para siswa dapat berfikir kritis dan berfikir secara komputasional untuk memecahkan berbagai macam permasalahan, terlebih dalam kegiatan belajar mengajar.

Dilansir dari laman bebras.id, Bebras pertama kali digelar di Lithuania. Ia Merupakan aktivitas ekstra kurikuler yang mengedukasi kemampuan problem solving dalam informatika dengan jumlah peserta terbanyak di dunia. Siswa akan mengikuti kompetisi bebras di bawah supervisi guru, yang dapat mengintegrasikan tantangan tersebut dalam aktivitas mengajar guru. Kompetisi ini dilakukan secara online melalui komputer (Noe/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here