Tanjungpinang  – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (HIMASKI) FKIP UMRAH kembali menggelar kegiatan Chemistry Festival dengan tema “Chemistry For Fabulous Youth Generation”. Dalam helat yang memasuki tahun ke-4 ini, serangkaian acara diselenggarakan untuk memeriahkan kegiatan sekaligus dalam rangka memperingati hari ulang tahun Prodi Pendidikan Kimia yang kelima.

Kegiatan ini sudah dimulai dari tanggal 27 Oktober hingga 10 November 2018 diawali dengan pembuka acara yaitu Chemistry Cup, diikuti oleh Chemistry Smart, Chemistry Expo dan puncaknya pada Malam Penganugerahan Insan Berprestasi. Chemistry Cup berupa pertandingan Futsal, Chemistry Smart berupa lomba essai, Cerdas Cermat Kimia dan Ranking 1, serta Chemistry Expo terdiri dari lomba akustik, bazar dan parade busana.

Pertandingan futsal Chemistry Cup diikuti oleh 16 tim dari mahasiswa se-UMRAH mengambil venue di lapangan futsal wong solo. Pemenang dalam pertandingan ini yaitu Juara 1 diraih oleh Tim Trial Balance, Juara 2 oleh Tim Poseidon FT, juara 3 oleh Tim MSP dan Harapan 1 diraih oleh Tim IP Rajawali.

Lomba penulisan essai Chemistry Smart diikuti oleh seluruh  mahasiswa perguruan tinggi di Kepulauan Riau dengan tema “ Pengoptimalan Sumber Daya Maritim Membangun Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia” yang diselenggarakan selama 2 bulan hingga 28 Oktober 2018.

Dalam Lomba ini Juara 1 diraih oleh Burhan Latif, Juara 2 oleh Nadia, dan Juara 3 oleh Kirana yang seluruhnya merupakan mahasiswa UMRAH.

Selanjutnya acara Cerdas Cermat Kimia (CCK), yang diikuti oleh siswa/i SMA se-Kepulauan Riau di UMRAH dompak. Kegiatan ini diikuti oleh 16 tim dengan juri yang ditunjuk dari dosen Pendidikan kimia UMRAH dan satu orang perwakilan dari Bimbel Quin Tanjungpinang.

Hasil dari CCK ini untuk Juara 1 diraih oleh SMA N 1 Tanjungpinang Group A, Juara 2 diraih oleh SMAN 2 Tanjungpinang,  kemudian Juara 3 diraih oleh SMAN1 TanjungPinang Group B. MAN Tanjungpinang mesti puas di posisi keempat sebagai Juara Harapan.

Sabtu, (10/11) sekaligus bertepatan dengan hari Pahlawan menjadi puncak pelaksanaan kegiatan, kegiatan Chemistry Festival dilanjutkan dengan acara Rangking 1. Acara ini diikuti oleh siswa-siswi tingkat SMP se-Tanjungpinang di Gedung Daerah Provinsi Kepulauan Riau dari pagi hingga sore hari.

Ekes yang merupakan siswa dari SMP Anugrah Tanjungpinang keluar menjadi pemenang. Selain Lomba, di lokasi yang sama juga dimeriahkan dengan kegiatan Chemistry Expo yaitu Bazar yang diikuti oleh mahasiswa dan masyarakat umum. Pemenang dalam acara bazar terbaik Jatuh kepada Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMRAH.

Sebagai helat penutup digelar Acara Malam Penganugrahan Insan Berprestasi atau malam diberikannya penghargaan atas prestasi yang telah didapat saat mengikuti rangkaian kegiatan Chemistry Festival 2018 di Gedung Daerah Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam Sambutan saat memberikan kata pembuka pada malam anugerah Chemistry Festival ini, Ketua Prodi Pendidikan Kimia, Fitriah Khoirunnisa, M.Ed, sangat memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini

“Chemfest merupakan kegiatan yang sangat positif, sebab mampu menjadi wadah untuk melatih kepercayaan diri, baik dari pihak mahasiswa sebagai penyelenggara maupun para siswa sebagai peserta. Kegiatan ini perlu didukung penuh baik dari dalam maupun luar kampus sebab melalui kegiatan-kegiatan seperti inilah para mahasiswa mengenal kehidupan di luar kampus secara nyata. Harapannya, teruslah menjaga solidaritas dan sportivitas dalam segala hal, baik di bidang akademik maupun non akademik. Salam Semusi” ujar ibu cantik asal Samarinda ini.

Penampilan Khusus dari mahasiswa/i program studi pendidikan kimia terbilang sangat meriah, karena dapat dilihat dari antusiasnya peserta yang telah mengikuti kegiatan Chemistry Festival. Selain itu acara penutupan diramaikan dengan lomba akustik dan peragaan busana.

Penghargaan untuk kategori mahasiswa insan berprestasi pendidikan kimia, Female Of The Years menjadi milik Igara Triregina dan Male Of The Years berhak disandang Juhyan Pradana.

Kegiatan Chemistry Festival 2018 dapat terlaksana dengan sukses karena dukungan dari berbagai pihak yang telah membantu dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dan tentunya juga dari bimbingan dosen-dosen Program Studi Pendidikan Kimia.

Panitia Chemfest sendiri berharap kegiatan ini akan terus berlanjut kedepannya dan sekaligus mengucapkan terimakasih banyak atas dukungan kepada pihak-pihak yang telah ikut menyukseskan kegiatan ini.(Nina Andriani/P.Kimia FKIP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here