TAIPEI –  Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Ming Chi University of Technology(MCUT)  Taiwan sepakat untuk menjalin kerjasama. Kerjasama antara UMRAH dan MCUT ini dituangkan dalam Nota Kesepakatan yang ditandatangani oleh Rektor UMRAH, Prof. Dr. Syafsir Akhlus dan Rektor MCUT Taiwan, Prof. Thu-Hua Liu, Rabu Sore (14/11) Waktu setempat dan disaksikan oleh Kepala LLDIKTI Prof. Heri, Rektor Universitas Baiturrahman Prof. Dr. Musliar Kasim dan Pimpinan Perguruan Tinggi lainnya bertempat di MCUT Taiwan.

Kepada Humas UMRAH, Rektor UMRAH Prof. Akhlus menjelaskan bahwa ada beberapa poin kerjasama yang dapat dilaksanakan antara UMRAH dan Ming Chi University of Technology.

Kesepakatan yang tertuang adalah Pertama dibidang Penelitian meliputi penelitian bersama termasuk pertukaran penelitian di fakultas, Proposal Hibah Kolaborasi bersama, Anggota Dewan Editorial Jurnal Intitusional, Penguji Jurnal Institusional, Anggota Dewan Editorial Jurnal Internasional, Anggota Dewan Penasehat Konferensi Internasional, Peninjau Konferensi Internasional, Pembicara untuk Penelitian dan Coaching Clinic Internasional melalui Video Tele-conference dan menerima Mahasiswa Pascasarjana dan Sarjana selaku lembaga mitra untuk melakukan penelitian

Kemudian kesepatakan kedua di bidang Akademik meliputi Pengajaran Bersama, Seminar Bersama dan Pertemuan Akademik, Program Akademik Khusus, Program pertukaran Mahasiswa sarjana maupun pascasarjana yang akan melakukan magang ataupun praktikum, Pertukaran materi akademik dan informasi lainnya, Program Akademik Kolaboratif Kunjungan Lapangan sampai level Program Studi.

Rektor UMRAH bertolak ke Taiwan sempena menghadiri Taiwan-Indonesia Higher Vocational Education Presidents Forum yang difasilitasi Lembaga Layanan DIKTI Wilayah X. Pada kegiatan yang dipimpin Kepala Prof. Dr. H. Heri, MBA, LLDIKTI membawa 26 Pimpinan Perguruan Tinggi termasuk rektor UMRAH.

Tak hanya meneken Kerjasama, Rektor UMRAH juga berkesempatan memaparkan makalah dalam International Conference Taiwan-Indonesia Higher Vocational Education Presidents Forum.

Selain Rektor UMRAH, ikut serta Rektor Universitas Baiturrahmah Padang, Rektor Universitas Lancang Kuning, Rektor Universitas Abdurrab, Rektor Universitas Andalas Padang, Rektor Universitas Negeri Padang, Rektor Institut Teknologi Padang, Politeknik Batam, Politeknik Padang, STIMIK Indonesia, STIMIK Nurdin Hamzah, Universitas Islam Kuantan Singingi, Universitas International Batam, Universal Batam dan STTIND Padang, Universitas Islam Riau dan Politeknik Jambi.

Editor : Adi Pranadipa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here