Penyerahan Cenderamata kepada WR II Undiksha (Foto:Humas Undiksha)

Singaraja – Rombongan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yang dipimpin langsung oleh Rektor UMRAH, Prof. Dr. Syafsir Akhlus beserta Wakil Rektor I, Prof. Dr. Rayandra Asyhar beserta jajaran Fakultas dan BUPK mengunjungi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di Singaraja, Bali (26/11).

Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana Pendirian Fakultas Kedokteran Undiksha yang tergolong cepat dan juga menggali Informasi mengenai transformasi menuju Badan Layanan Umum(BLU).

Dalam kunjungan yang diterima oleh Wakil Rektor II Undiksha, Prof. Dr. Wayan Lasmawan, M.Pd, itu, Rektor UMRAH, Prof. Akhlus menyampaikan bahwa UMRAH saat ini baru memiliki lima fakultas. Rencananya UMRAH akan membuka Fakultas Kedokteran (FK).

“Dari itu, kami ingin tahu proses pendiriannya. Karena di Undiksha sudah lebih dulu ada,” Ungkap Prof Akhlus.

Tak hanya itu, kedatangan UMRAH yang baru pertama kali ke perguruan tinggi terbesar di Bali Utara ini juga untuk menggali informasi berkaitan dengan status  Badan Layanan Umum.

“Kami ingin tahu bagaimana prosesnya. Kami juga tengah mempersiapkan untuk itu,” jelas Prof. Akhlus.

Undiksha dipilih sebagai tempat studi banding karena memiliki karakter yang tak jauh berbeda dengan UMRAH.

Dari sisi usia, tidak terpaut jauh. Selain itu juga sama-sama memiliki Jurusan-jurusan ilmu pendidikan. “UMRAH baru jadi negeri 2011. Sebelumnya swasta sejak 2007. Kami rasa hal-hal yang dihadapi tidak jauh berbeda dengan Undiksha” ujar Prof. Akhlus.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Rektor UMRAH, Wakil Rektor II Undiksha, Prof. Dr. Wayan Lasmawan, M.Pd mengungkapkan pendirian FK sama seperti fakultas lain, yakni harus dipersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama tenaga pendidik dan sarana-prasarana. Lebih penting dari itu menurutnya adalah komitmen bersama. “Komitmen yang penting. Harus semua mendukung,” jelasnya.

Pendiriannya memerlukan proses yang cukup panjang. Banyak waktu, pikiran dan tenaga yang terkuras.

“Mulai dari proposal yang diusulkan ke Kementerian juga harus benar-benar dipersiapkan. Termasuk juga dari sisi anggaran,” terangnya.

Sementara itu, khusus untuk bisa menjadi BLU, dinyatakan perguruan tinggi harus mampu mendatangkan pendapatan secara mandiri.

“Undiksha sudah menghasilkan pendapatan dari beberapa jenis usaha yang ditangani khusus oleh badan pengelola,” Ujar Prof. Dr Wayan.

Turut mendampingi Rektor UMRAH dan Wakil Rektor I, Kepala Biro Umum Perencanaan dan Keuangan UMRAH, Drs. Edison, MBA, Kabag Perencanaan dan Keuangan, Tahri, Wakil Dekan II FKIP UMRAH, Satria, Wakil Dekan I FISIP, Nanik, Kabag TU Fakultas Ekonomi, Jumaiza, Kajur Teknik Informatika, Hendra, Ketua SPI, Jack Febrian Adel, serta jajaran lainnya yang terkait pengelolaan Keuangan.

Editor : Adi Pranadipa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini