Senggarang – Pusat Pelatihan Oseanografi (P2O) LIPI dan Tim Perwakilan Bank Dunia mengunjungi Container Data Center (CDC) UPT Pusat TIK UMRAH di Senggarang, Senin(28/01/2019).

Kunjungan ini merupakan rangkaian visitasi Bank Dunia pada seminar hasil Demand, Driven Research Grant (DDRG) dan Reef Health Monitoring (RHM) LIPI 2018. Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk melihat bagaimana server LIPI yang dipasang di Container Data Center dioperasikan.

Dalam kunjungan yang dilakukan selepas ashar tersebut, Tim P2O LIPI dan Perwakilan dunia disambut oleh Kasubag Tata Usaha UPT Pusat TIK dan staff-staff UPT Pusat TIK.

Rombongan tetamu khas ini kemudian diarahkan staff TIK, Naufal dan Wingki untuk melihat bagaimana Container Data Center UPT Pusat TIK UMRAH beroperasi. Sesampainya di Container data Center, Staff UPT Pusat TIK, Adi Pranadipa kemudian menjelaskan kepada perwakilan P2O LIPI dan dua orang perwakilan Bank Dunia bagaimana Container Data Center ini bekerja.

Perwakilan Bank Dunia dan P2O LIPI juga cukup apresiatif dan kagum dengan fasilitas data center yang dimiliki oleh UPT pusat TIK UMRAH, karena ini unik menurut mereka. Bahkan sempat ditanyakan kepada Adi Pranadipa, mengapa berbentuk kontainer ?

“Data Center kami ini berbentuk kontainer untuk menyiasati keterbatasan ruangan, karena data center memiliki standar tertentu, jadi jalan tengahnya Container ini yang dipilih. Se-pengetahuan kami, data Center berbentuk Container ini baru dua unit di Indonesia, di kami, dan PUSTEKOM Kemdikbud” Ujar Adi Pranadipa menjelaskan kepada Perwakilan P2O LIPI dan perwakilan Bank Dunia.

Dekan FIKP UMRAH, Dr. Agung Dhamar Syakti beserta wakil Dekan dan Dosen-dosen FIKP UMRAH yang hadir saat kunjungan Bank Dunia dan P2O LIPI mengucapkan terima kasih kepada segenap staff UPT Pusat TIK beserta Kasubag TU UPT Pusat TIK atas dukungan terhadap operasionalisasi Server LIPI yang berisi data kelautan Indonesia Bagian Barat yang dapat diakses di crmis.fikp.umrah.ac.id (TIK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here