Mahasiswa UMRAH Raih Juara Tiga Lomba Debat Nasional di UNY

YOGYAKARTA – Tim debat Fakultas Ekonomi Universitas Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang berhasil meraih juara ketiga dalam kompetisi nasional bergengsi Research and Debate Competition (RnDC) 2019 bertempat di Universitas Negeri Yogyakarta.

Dengan mengusung tema “Inovasi dan kreatifitas Generasi Milenial melalui Optimalisasi IPTEK menuju Indonesia Raksasa Ekonomi 2050” Research and Debate Competition (RnDC) 2019 itu diselenggarakan pada Jumat-Minggu (11-13/10) oleh Universitas Negeri Yogyakarta

Tim Debat yang terdiri dari mahasiswa FE UMRAH jurusan Akuntansi angkatan 2017, yakni Burhan Latif, Ade Fratana dan Muhammad Fadillah berhasil mengungguli tim debat sejumlah universitas ternama di tanah air sekaligus menyaingi tim UGM dan Unand yang akhirnya menjadi juara pertama dan kedua di kompetisi debat nasional itu. 

Sebelum tampil di babak penentuan, tim debat FE UMRAH menyisihkan sejumlah sejumlah universitas lainnya dari seluruh tanah air saat seleksi esai sebagai bahan lomba debat. Dari 150 esai masuk ke juri lomba debat, esai karya tim debat FE UMRAH lolos bersama dengan esai tim debat dari delapan perguruan tinggi lainnya.

Yakni, STAN, UGM, IPB. Kemudian ITB, Unand, Universitas Mataram dan UIN Sunan Kalijaga. Kendati awalnya sempat demam panggung lantaran harus bersaing dengan utusan perguruan tinggi ternama,namun akhirnya tim debat FE UMRAH berhasil membuktikan mereka dapat mengimbangi dan bersaing. 

“Deg-degan, karena banyak almamater terkenal. Namun pada saat debat berlangsung bisa mengimbangi, dan juri memberikan komentar positif sehingga membangun percaya diri kami,” tutur Burhan, anggota tim debat FE UMRAH.

Lomba Research and Debate Competition (RnDC) 2019 ini dengan dua cabang lomba yakni Lomba Debat Isu Ekonomi Nasional dan Lomba Karya Tulis Ilmiah bertujuan untuk menggali potensi dan menumbuhkan motivasi mahasiswa dalam membangun Indonesia melalui kontribusi-kontribusi kreatif dan inovatif

Selain UMRAH lomba dengan level Nasional itupun diikuti oleh beberapa Universitas besar di Indonesia diantaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Andalas (UNAND), Institut Pertanian Bogor University (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Brawijaya (UB)

Wakil Dekan FE UMRAH, Lia Suprihartini berharap prestasi Burhan dan kawan-kawan dapat memacu dan menyemangati mahasiswa UMRAH lainnya, khususnya di fakultas ekonomi. “Agar berani menjajal kemampuan dan bersaing di setiap kegiatan kompetisi,” ujar Lia.

Rilis FE UMRAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here