TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Yayasan Seven Clean Seas Indonesia (SCSI) resmi menjalin kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan naskah kerja sama yang dilakukan hari ini di Ruang Serbaguna lantai 3, Rektorat UMRAH Dompak. Jumat (28/1/2022).

Bentuk kerjasama yang dijalin merupakan kerjasama dalam mensukseskan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam sambutannya Siti Kusmiati Ketua Yayasan SCSI mengungkapkan bahwa SCSI sebagai organisasi yang memiliki fokus untuk polusi sampah pelastik yang berdiri di Bintan, merasa sangat berbahagia karena dapat menjalin kerjasama dengan UMRAH.

Dirinya turut menyampaikan bahwa SCSI konsen dengan program pengurangan sampah laut terutama sampah jenis pelastik.

Menurutnya rata-rata sampah yang berhasil mereka kumpulkan dalam kurun waktu 1 minggu dapat mencapai sebanyak 8 Ton.

Lebih lanjut, Siti yang akrab disapa Mbak Ati menjelaskan hasil sampah yang dikumpulkan oleh SCSI nantinya akan disortir dan didaur ulang.

Pada kesempatan itu juga dirinya memaparkan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan SCSI yakni memberikan pendampingan dalam pengelolaan sampah pada masyarakat dengan tujuan pencegahan agar tidak terjadi kebocoran sampah ke laut.

Diakhir sambutannya, Mbak Ati menyampaikan harapannya agar kerjasama yang dijalin dapat berjalan baik dan menghasilkan manfaat yang baik pula.

Dirinya mengungkapkan bahwa SCSI memiliki mimpi dan rencana yang besar untuk dapat berekspansi diseluruh Indonesia, sehingga SCSI membutuhkan ide dan masukan dari UMRAH selaku insan Perguruan Tinggi guna mensukseskan program SCSI sendiri.

Mendengar sambutan Ketua Yayasan SCSI, Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA sangat merespon baik.

Prof. Agung menyampaikan bahwa UMRAH sangat siap untuk bekerjasama dalam rangka menjaga kelestarian laut khususnya dari sampah-sampah pelastik.

Rektor Agung yang juga pakar pencemaran laut itu menyebutkan implementasi dari Kerjasama yang dijalin UMRAH dengan SCSI dapat dilakukan dengan kegiatan Riset bersama, Pengabdian kepada Masyarakat, maupun program magang Mahasiswa yang nantinya dapat difokuskan pada penanganan polusi laut.

Pada kesempatan itu, Rektor turut mengajak para Dekan, Ketua Lembaga dan pimpinan unit kerja di lingkungan UMRAH untuk dapat merencanakan program-program kerjasama yang dapat dijalankan bersama SCSI.