Dompak – Pembangunan Masjid Kampus UMRAH Dompak yang diberi nama Masjid Muhith Al’ Ulum resmi dimulai dengan diawali kegiatan pengukuran arah kiblat oleh Tim Hisab Rukyat dari Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang yang disaksikan oleh rektor UMRAH, Prof.Dr Agung Dhamar Syakti,Selasa (5/4/2022).

Dr. Suryadi selaku Ketua Tim Pembangunan Masjid Muhith Al’ Ulum UMRAH di lokasi pembangunan menuturkan bahwa Pengukuran Arah Kiblat tersebut juga merupakan tanda dimulainya pembangunan Masjid yang akan menjadi kebanggaan Civitas Akademika UMRAH.

“InsyaAllah, atas izin Allah S.W.T pengukuran arah kiblat yang dilakukan hari ini sekaligus tanda dimulainya pembangunan Masjid Muhith Al’ Ulum UMRAH”, ucap Dr. Suryadi saat memandu acara dihadapan para hadirin yang akan menyaksikan proses pengukuran tersebut.

Dalam sambutannya Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti menyampaikan harapan serta doa nya untuk kelancaran proses pembangunan Masjid Muhith Al’ Ulum UMRAH itu.

Dirinya meminta kepada seluruh hadirin yang hadir agar dapat ikut serta mendoakan. Selain itu Rektor Agung juga berpesan kepada tim pekerja yang akan mengerjakan pembangunan Masjid Muhith Al’ Ulum agar dapat senantiasa berhati-hati dan tetap terus mengutamakan keselamatan dalam bekerja.

Karena menurutnya keselamatan dalam bekerja merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan.

Rektor Prof. Agung secara tersirat sangat mengharapkan Masjid “Samudera Ilmu” yang akan dibangun di Kampus UMRAH itu dapat bermanfaat bagi banyak orang, baik itu bagi civitas akademika UMRAH maupun masyarakat banyak.

Sebelumnya telah dilakukan peletakan batu pertama Masjid Muhith Al’ Ulum UMRAH itu pada 2021 silam oleh Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, SE, MM dan Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti.

Sesuai dengan masterplan bangunan Masjid tersebut akan digunakan sebagai Pusat Kegiatan Mahasiswa dan Perkantoran di lantai 1, dan Masjid UMRAH di lantai 2 yang bisa menampung 1500 jemaah.

Masjid ini nanti dirancang dengan konsep modern, minimalis, dan tetap mempertahankan kontur alam (nature friendly), sehingga nantinya Masjid tersebut dapat menjadi pusat tamadun, tunjuk ajar, pembinaan akhlak dan khazanah intelektual Islam.

Diakhir acara seremonial ditutup dengan penyampaian Taklimat oleh Dato’ H. Huzrin Hood seraya memandu pembacaan Doa sebagai tanda memohon Ridho Allah S.W.T untuk kelancaran pembangunan Masjid Muhith Al’ Ulum UMRAH tersebut.

Laporan : Rendi/Humas

Editor : Adi Pranadipa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here