Mendalo-Jambi – Sebagai tindak lanjut perpanjangan Nota Kesepahaman Kerjasama antara Universitas Maritim Raja Ali Haji dan Universitas Jambi yang sudah ditandatangani pada November 2021 lalu, rombongan UMRAH yang dipimpin oleh Rektor UMRAH, Prof Dr Agung Dhamar Syakti berkunjung ke UNJA, Senin (21/03/2022) untuk melakukan Diskusi Rencana Pembentukan Konsorsium Riset dan Budaya Maritim serta Diskusi terkait Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum(BLU) di Gedung Rektorat Universitas Jambi Mendalo .

Kunjungan ini pula sebagai langkah pertama untuk mewujudkan kerja sama pembentukan konsorsium Riset dan Budaya Maritim regional yang diwacanakan oleh Prof. Agung saat menerima rombongan Unja di UMRAH bulan November 2021 silam.

Dalam sambutan Rektor Universitas Jambi yang diwakilkan kepada Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi, Dr. Kamid menuturkan, bahwa Ide kreatif dari UNJA dan UMRAH dapat disinergikan sehingga dapat menghasilkan Bisnis Kolaborasi dan Riset serta Publikasi yang menguntungkan kedua Universitas.

Pada kesempatan yang sama, Prof Dr. Agung Dhamar Syakti dalam sambutannya menuturkan bahwa UNJA merupakan mentor terhadap Kampusnya yang masih tergolong baru di dunia Pendidikan.

Konsorsium riset ini dimaksudkan untuk meningkatkan sinergi perguruan tinggi di indonesia yang kawasannya memiliki sejarah maritim, melakukan transformasi pengembangan lokus regional, dan mengakselerasi pertumbuhan indikator kinerja utama PTN.

Pembentukan Konsorsium Riset dan Budaya Maritim ini juga menjadi strategis karena kedua kawasan dimana UMRAH dan UNJA berada adalah rute yang dilalui Jalur Rempah dan memiliki pertautan Kebudayaan karena jalinan histori yang terhubung mulai dari Sriwijaya, Malaka, Jambi hingga Johor sampai Riau-Lingga.

“Tentu harapan kita segenap perguruan tinggi negeri memang kita rencanakan menjadi bagian konsorsium Riset Budaya Maritim ini memiliki komitmen untuk menjadikan Konsorsium Riset Budaya Maritim ini bisa terlibat, komit dan Profesional” ujar Prof Agung.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi UNJA Prof. Dr. Rayandra Asyhar yang hadir saat itu menyarankan agar Umrah dan Unja segera membentuk Konsorsium Riset Budaya Maritim.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut dari UMRAH, Wakil Rektor II, Dr. Tengku Said Raza’i serta Kepala LP3M UMRAH Henky Irawan, MP MSc , Sementara Pimpinan dari UNJA antara lain Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Kamid, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ir Yusrizal MSc Phd, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Ir Teja Kaswari MSc, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prof. Dr. M. Rusdi, MSc, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Yatno serta para ketua lembaga di lingkungan UNJA.

Laporan oleh : Yulihendri (Humas)

Editor : Adi Pranadipa

Foto : Istimewa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini