BINTAN – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mendapat kepercayaan dari BRI Research Institute (BRI RINS) melalui kegiatan Brilliant Specialist Development Program (BSDP) menyelenggarakan pelatihan Budidaya Perikanan Laut bagi para Mantri BRI.

Kegiatan ini Berlangsung selama tiga hari, sejak Senin (7/3/2022) hingga Rabu (9/3/2022) di bebrapa tempat seperti di Desa Pengujan, Kabupaten Bintan dan Aston Hotel Tanjungpinang

Saat membuka acara ini (6/3) Rektor UMRAH, Prof Dr Agung Dhamar Syakti SPi DEA dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan kapabilitas para Mantri untuk menguasai profil bisnis mikro sesuai dengan potensi bisnis di wilayah kerja masing-masing.

Selain itu bertujuan juga untuk menumbuhkan jiwa intrapreneurship sebagai penasiehat keuangan pendamping UMKM naik kelas. Sehingga diperlukan SDM profesional yang memiliki kemampuan kewirausahaan tentang profil bisnis terkait.

Dalam kesempatan yang berbeda Dr. Muzahar, S.Pi, M.Si mewakili penanggung jawab kegiatan menerangkan bahwa peserta yang mengikuti training tersebut berjumlah 28 orang terdiri dari 25 Mantri BRI, 2 Pendamping Corporate University BRI dan 1 Pendamping BRI Research Institute.

Dirinya juga menjelaskan bahwa metode training dilaksanakan secara on-site dan on the job training dengan metode learningsharing session, diskusi, dan praktek lapangan yang difasilitasi oleh praktisi yang kompeten di bidang bisnis terkait.

Lebih lanjut Dr Muzahar yang akrab disapa MZ itu menerangkan sebagai pertimbangan efektifitas penyelenggaraan Pendidikan maka peserta per-batch ditetapkan maksimal 28 orang, dimana pada saat praktek lapangan dapat dibagi per-kelompok tertentu yang didampingi oleh fasilitator dari Provider sehingga semua Peserta dapat dipastikan terlibat dalam proses Pendidikan selama durasi yang telah ditetapkan.

Kemudian Dr Muzahar menjelaskan bahwa dari pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari itu menghasilkan 5 orang peserta terbaik berdasarkan hasil nilai Pre-test, post-test dan project assignment.

Adapun 5 peserta terbaik tersebut adalah:

  1. Sutrina Mantri BRI Kanca Bengkalis
  2. David Yosafad Mantri BRI Kanca Tanjungpinang
  3. Syafrizar Mantri BRI Kanca Tanjungpinang
  4. Juprianto Mantri BRI Kanca Tanjungbalai Karimun
  5. R. Muhammad Arfit Arifihansyah Mantri BRI Kanca Tanjungpinang

Kelima peserta terbaik itu diumumkan pada malam acara penutupan di Restoran Sei Nam Tanjungpinang. Kegiatan Training Budidaya Perikanan Laut untuk MANTRI BRI itu secara resmi ditutup oleh Wakil Rektor I UMRAH, Dr Viktor Amrifo.

Rendi/Humas UMRAH

Editor : Adi Pranadipa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini