Laporan: Ariq | Foto: Rendi | Editor: Adi Pranadipa

TANJUNGPINANG – Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menggelar kuliah umum bertajuk Simulation Model of Oil and Microplastic in The Ocean dengan narasumber Dr. Agus Salim, S.Ag, M.Si eks Wakil Rektor II periode 2020-2022 di Ruang serbaguna Tanjak lantai 3 Gedung Rektorat UMRAH Dompak. Selasa (14/07/2022).

Kuliah Umum tersebut dihadiri oleh Anton Hekso Yunianto, ST, M.Si selaku Kajur Teknik Perkapalan dan Firman Apriansyah, S.Si, M.T selaku Dosen Teknik Perkapalan merangkap sebagai moderator serta Mahasiswa/i di lingkungan FT UMRAH.

Dr. Agus Salim dalam pemaparannya menjelaskan masalah terkait pencemaran lingkungan jenis tumpahan minyak dan microplastik di lautan.

“Tumpahan minyak dan microplastik di lautan merupakan ancaman bagi ekosistem lingkungan laut oleh karena itu kita melakukan pendataan dengan cara dinamis”, ujar Dr. Agus Salim.

Menurut Dr Agus Salim dengan adanya cara baru ini secara dinamis dapat mengetahui penyebaran limbah plastik dan tumpahan minyak di Indonesia pada tahun 2010. Data model yang dihasilkan bisa digunakan mengetahui jumlah kerugian yang diemban oleh Indonesia akibat pencemaran minyak dan mikroplastik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here