TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menginisiasi Kerja sama dengan Marine Technology Cooperation Research Center (MTCRC) Korea-Indonesia. Inisiasi Kerja sama tersebut disampaikan pada pertemuan di Ruang Serbaguna Tanjak lantai 3 UMRAH Dompak. Kamis (7/7/2022).

Acara pembukaan secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Dr. Ir. T. Ersti Yulika Sari, M.Si dalam kapasitasnya mewakili Rektor UMRAH.

Usai membuka acara, Dr. Ir. T. Ersti Yulika Sari, M.Si berkesempatan untuk menyampaikan sambutannya.

“Kami mengucapkan terimakasih atas inisiasi kerjasama kita dalam pengembangan dan research and development di bidang kelautan dan perikanan. Semoga dengan adanya kerjasama MTCRC ini bisa memberikan stimulus kepada kita semua khususnya untuk UMRAH dalam pengembangan research sehingga menjadikan UMRAH yang gemilang sesuai dengan visi dari Pak Rektor”, ucap Noni, panggilan akrab Dekan FIKP UMRAH saat menyampaikan sambutan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kepri T. S. Arif Fadillah turut menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya Arif Fadillah mengatakan Pemprov Kepri sangat membutuhkan pengawasan serta masukan dari akademisi dalam melaksanakan fungsinya.

“Kepulauan Riau ini terdiri dari 96% wilayah laut dan bisa kita manfaatkan dan apa yang bisa menjadi kebanggaan dari laut Kepri ini. Tentunya setiap tindakan yang kami lakukan perlu adanya pengawasan dan masukan dari akademisi di bidang kelautan dan perikanan, oleh karena itu setiap langkah yang kami lakukan, kami selalu berkonsultasi khususnya kepada UMRAH ini.” Sebutnya.

“Dengan adanya akademisi di bidang Perikanan dan Kelautan di UMRAH ini, kita dapat menerima masukan. Jadi terima kasih Ibu Noni luar biasa dan tanpa lelah mendampingi kita.” tambahnya.

Safri Burhanuddin selaku Chairman of Advisory Board MTCRC Indonesia mengisahkan sejarah berdirinya MTCRC.

“MTCRC (Marine Technology Cooperation Research Center) sudah ada di Indonesia sejak tahun 2018 resminya, MTCRC merupakan kerjasama antara Korea dan ITB yang akhirnya dinaungi oleh Menko Marves. Kami mengharapkan UMRAH dan MTCRC untuk dapat mengetahui potensi yang terdapat di wilayah perairannya”, tutur kata Safri Burhanuddin.

“Sebagai informasi bahwa UMRAH merupakan Institusi pertama di wilayah bagian barat Indonesia yang dipilih oleh MTCRC untuk melakukan kerja sama”. ungkap Mantan Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenkomarves RI dihadapan audiens yang hadir.

Dirinya berharap inisiasi kerja sama antara MTCRC dan UMRAH dapat mengembangkan potensi yang ada di wilayah Kelautan dan Perikanan Kepualauan Riau.

Hadir pada acara inisiasi kerja sama itu Hansan Park selaku Co-Director of the Korea-Indonesia MTCRC, Dekan Fakultas Ekonomi UMRAH Dr. Asmaul Husna dan Civitas Akademika di Lingkungan UMRAH.

(Tim Humas UMRAH)

Laporan : Ariq

Editor : Adi Pranadipa

Foto : Rendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here