Marseille – Usai berkunjung ke Universita di Corsica Pasquale Paoli, Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji Prof. Agung Dhamar Syakti kemudian menandatangani  Memorandum of Understanding (MoU) dengan sejumlah mitra kerja sama di Konsulat Jendral Republik Indonesia di Marseille Prancis, yang disaksikan oleh Konsul Jendral Republik Indonesia, Arief Muhammad Bassalamah pada Senin(4/7/2022).

Sejumlah Mitra Kerja sama yang sepakat bekerja sama dengan Universitas Maritim Raja Ali Haji adalah CODATA France, Suffren International dan P.O.D.G Developpement.

Kerja sama dengan dengan CODATA France difokuskan pada Kolaborasi Penghimpunan data-data Kepulauan Riau untuk kemudian diolah menjadi Informasi Strategik untuk kemajuan daerah Kepulauan Riau

Lalu kerja Sama Tripartit dengan Suffren International dan PODG Developpement. Rektor UMRAH, Prof Agung Dhamar Syakti melalui pesan suara aplikasi whatsapp menjelaskan Kerja Sama ini difokuskan untuk pengembangan Agromaritim di Kepri.

“Kedua perusahaan tersebut adalah perusahaan yang mengembangkan  Hydro Absorber Fertilizer dan jenis fertilizer lainnya, yang sangat bermanfaat untuk pengembangan perkebunan , hortikultura, dan perhutanan di daerah Kepri terutama daerah eks lahan penambangan bauksit yang belum dilakukan Revegetasi” Ujar Prof. Agung.

Pemanfaatan dari fertilizer ini juga akan membantu peningkatan ketahanan pangan Tanjungpinang dan kabupaten/kota lainnya di Kepulauan Riau.

Tindak lanjut Kerja Sama ini dalam waktu dekat adalah melakukan ujicoba fertilizer yang telah dikembangkan oleh PODG ini dengan berkolaborasi dengan Tuan rumah Program Studi Magister Ilmu Lingkungan UMRAH untuk melakukan riset eksperimen di lahan-lahan pasca tambang bauksit sebagai ujicoba.  Kalau hasil eksperimen menunjukkan hasil yang bagus , akan diteruskan di lokasi-lokasi pasca tambang lainnya.

Kolaborasi ini difasilitasi oleh Prof. Emeritus Henri Dou dari Aix Marseille University yang turut hadir menyaksikan penandatangan Nota Kesepahaman (MOU) di Konsulat Jendral Republik Indonesia di Marseille.

Editor : Adi Pranadipa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here