Warek I Lepas 4 Mahasiswa UMRAH yang Lolos Program MBKM Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Laporan, Editor dan Foto: Rendi A. Saputra

TANJUNGPINANG – Wakil Rektor I Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Kerja Sama Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Dr. Tengku Said Raza’i, S.Pi, MP melepas empat orang mahasiswanya untuk mengikuti Program MBKM Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Di Ruang Rapat Tombak lantai 2 Rektorat UMRAH Dompak. Selasa (16/8/2022).

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah salah satu program Kemdikbudristek RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi untuk mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Dr. Tengku Said Raza’i saat memberikan pengarahan menuturkan bahwa Program yang akan diikuti oleh keempat mahasiswa tersebut membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti proses pembelajaran di kampus-kampus perguruan tinggi manapun di Indonesia sebagai bagian dari upaya penguatan dan atau perluasan kompetensinya.

Selain itu, dirinya mengharapkan melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tersebut mahasiswa dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, serta memiliki pemahaman tentang kebhinekaan dan toleransi.

Lebih lanjut dirinya menuturkan sesuai isi arahan dari Prof. Nizam selaku Dirjen Diktiristek pada peluncuran program MBKM Pertukaran Mahasiswa Merdeka bahwa Mahasiswa akan memiliki pemahaman yang luas tentang keragaman budaya, adat istiadat, suku bangsa, bahasa dan berbagai potensi kekayaan sumber daya serta potensi lainya yang dimiliki oleh bangsa dan negara, dan hal tersebut hanya dapat dicapai melalui pertukaran mahasiswa antar kampus, antar wilayah, dan kepulauan, melalui kerja sama antar perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Program tersebut telah memasuki periode kedua. Pendaftaran dimulai dari Maret 2022 dan pengumuman hasil seleksi pada Juni 2022 yang lalu.

Pada periode ini, empat mahasiswa UMRAH berhasil lolos pada program tersebut. Dua mahasiswa lolos ke Universitas Negeri Semarang yakni atas nama Astuti dan Elisabeth Goh. Sedangkan Dua mahasiswa lainnya lolos ke Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, yakni atas nama Deswita Elisabeth Situmeang dan Siti Maisyita. Keempat mahasiswa tersebut berasal dari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UMRAH.

Turut mendampingi para mahasiswa dalam pelepasan tersebut, para Dosen pembimbing dan Ketua Jurusan. Acara berjalan lancar dan diakhiri dengan foto bersama.

(Humas UMRAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here