TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) resmi menutup acara Maritime Continent Fulcrum Internasional Conference (MaCiFIC) ke-2. Di Trans Convention Center, Tanjungpinang. (29/9/2022).

Dalam penutupan acara Maritime Continent Fulcrum Internasional Conference (MaCiFIC) ke-2 ini, Rektor UMRAH, Prof. Agung Dhamar Syakti membacakan rekomendasi kepada stakeholder dan shareholder terutama instansi pemerintahan dan masyarakat, terdapat 5 rekomendasi yang beliau sampaikan di hadapan peserta konferensi internasional itu.

“Pertama, kami ingin melaksanakan rencana untuk menerapkan aplikasi teknologi ramah lingkungan yang kami buat dalam mengelola sumberdaya maritim, sumber daya alam atau non alam secara terus menerus dengan cara yang ramah lingkungan, sosial, etika dan ekosistem itu sendiri”, ucap Prof. Agung dalam penutupan acara MaCiFIC 2022.

Dilanjutkan dengan rekomendasi berikutnya oleh Rektor Agung dalam penutupan MaCiFIC 2022 tersebut.

“Rekomendasi kedua adalah pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan harus dilakukan secara optimal dan berkelanjutan karena sumberdaya kelautan dan perikanan termasuk kemaritiman sangat berpotensi bagi ekonomi Indonesia selanjutnya”, pungkasnya.

” Ketiga adalah kerjasama pentahelix antara perguruan tinggi, pemerintah daerah maupun pusat, masyarakat dan juga media harus saling berkolaborasi dan bersinergi dalam mengatur aturan dalam bidang kemaritiman” ucap Prof. Agung.

Dilanjutkan dengan rekomendasi keempat dan kelima terkait penerapan blue ekonomy dibidang maritim seperti wisata bahari yang berkelanjutan, smart aquaculture, smart fishing technology, dan smart tools untuk tuna.

“Kelima, kita harus mendorong percepatan pemanfaatan sumber daya pesisir dan kelautan sebagai pendongkrak ekonomi masyarakat terutama di Provinsi Kepulauan Riau.” lanjutnya.

Selain memberikan rekomendasi, Rektor Agung juga mengungkapkan harapan kedepannya untuk semua pembicara dan pemangku kepentingan yang telah hadir dalam acara macific 2022.

“Terakhir kami ingin meningkatkan partisipasi dari semua stakeholder dan shareholder dalam isu global warming dan saya yakin pada penutupan acara konferensi ini bukanlah akhir melainkan awal bagi kita untuk memulai apa yang kita ketahui hari ini dan saat ini sebagai titik awal pengembangan komunitas ilmiah, kami memiliki 17 tujuan dalam tujuan tersebut salah satunya adalah pembangunan yang berkelanjutan yang kami lakukan sebaik mungkin”, ucapnya.

“Saya sangat mengapresiasi sekali untuk semua peserta dan juga panitia yang telah mempersiapkan semua acara Macific ini, insyaAllah tahun depan kami akan mengundang kembali para pembicara dan peserta Macific ini untuk datang langsung ke Bintan di macific ke-3 tahun 2023. Semoga terdapat dana penelitian untuk penelitian kita semua sehingga kita dapat mendapatkan ilmu dan informasi baru.” tutupnya.

Laporan & Editor: Ariq, Rendi | Foto: Rendi

(Humas UMRAH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini