TANJUNGPINANG – Usai meresmikan Mall Pelayanan Publik(MPP) Kota Tanjungpinang, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, M.Si hadir di tengah-tengah Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Rabu (26/10/2022).

Menteri kelahiran 6 Agustus 1973 itu melakukan dialog interaktif bersama Mahasiswa dan Civitas Akademika UMRAH lainnya dalam kemasan acara Sapa Mahasiswa.

Acara itu sendiri ditaja dalam rangka melaksanakan program percepatan dampak Reformasi Birokrasi agar segera dirasakan langsung oleh masyarakat. Karena Reformasi Birokrasi salah satu terobosan dan gagasan yang dilakukan Kementerian PAN RB dalam mempersiapkan diri untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

UMRAH sendiri merupakan Kampus kedua yang menjadi tuan rumah program MenPAN-RB Sapa Mahasiswa setelah Universitas Gadjah Mada.

Menteri Abdullah Azwar Anas sendiri menyebutkan bahwa Reformasi Birokrasi tematik adalah framework yang digunakan untuk mengurai dan menyelesaikan berbagai masalah (bottleneck) tata kelola yang terkait dengan isu ataupun program prioritas Pemerintah.

Menurutnya Reformasi Birokrasi Tematik bukanlah reformasi birokrasi yang orientasinya prosedural, administratif, dan bertele-tele.

Melalui acara Sapa Mahasiswa dirinya ingin mendapatkan masukan dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk mahasiswa, dosen, dan unsur kampus lainnya untuk menyempurnakan program yang telah direncanakan.

Sumber: Kemenpanrb

Selain mendapatkan masukan dari warga kampus, MenPAN-RB melalui acara tersebut turut menyampaikan berbagai program dan strategi pemerintah terkait reformasi birokrasi serta perkembangan reformasi birokrasi dihadapan Mahasiswa, Dosen, dan stakeholder kampus.

Sesi Diskusi yang dipandu langsung oleh Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA. mendapat respon baik dan dipenuhi dengan antrian pertanyaan bertubi-tubi dari audiens yang hadir, yang berjumlah sekitar 100 orang mahasiswa.

Pesan-pesan Gurindam 12 yang terpampang di auditorium UMRAH rupanya menarik perhatian MenPAN-RB. Mantan Kepala LKPP ini menyempatkan diri untuk membacakan Gurindam 12 Pasal ke-3 dan Pasal ke-10 karya Raja Ali Haji .

Rektor UMRAH selaku moderator menutup sesi diskusi dengan mengajak seluruh elemen kampus UMRAH agar dapat mengawal poros reformasi birokrasi agar dapat menghasilkan SDM-SDM ataupun ASN yang sangat efisien, efektif dan berkualitas.

Turut hadir pada acara tersebut rombongan MenPAN-RB (beberapa Deputi dan Asdep), Walikota Tanjungpinang, Sekda Kepri, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Sekda Kota Tanjungpinang dan tamu undangan lainnya.(Ariq/Rendi)

Editor : Adi Pranadipa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini