JAKARTA – Tim Sentra HKI Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) lakukan kunjungan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Rabu (7/12/2022).

Lia Nuraini, S.H, M.H selaku Ketua Tim Sentra HKI UMRAH menerangkan bahwa ada dua agenda yang menjadi target konsultasi mereka ke DJKI Kemenkumham RI, pertama terkait hak cipta dan kedua terkait paten.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa pada agenda pertama (konultasi hak cipta) di bagian cipta, Tim HKI UMRAH bertemu langsung dengan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri, Anggoro Dasananto, S.H. Pada kesempatan itu tim sentra HKI berdiskusi mengenai permasalah pendaftaran hak cipta.

“Pada agenda pertama tim Sentra HKI berdiskusi mengenai permasalahan pendaftaran hak cipta, misalnya komitmen pencipta untuk tidak plagiat yang dituangkan dalam perjanjian serta cara peningkatan hak cipta di lingkungan Kampus UMRAH.” terang Lia kepada Humas UMRAH.

“Sedangkan pada agenda kedua (paten) tim HKI UMRAH mendatangi Bagian Paten, lalu berkonsultasi dengan Ibu Sonya selaku Sub Koordinator Adiministrasi Permohonan Paten. Kesempatan itu dimanfaatkan untuk membahas tentang kendala yang dialami sentra HKI UMRAH dalam melakukan paten dosen pada aplikasi yang baru yakni SAKI.” tambahnya.

Menurutnya di Bagian Paten DJKI turut dilakukan pengecekan status permohonan paten Dosen UMRAH yang belum mendapat surat balasan atau keterangan padahal Dosen yang bersangkutan sudah terdaftar sejak tahun 2021.

Pada Paten juga Tim Sentra HKI bersama Ketua LP3M UMRAH, Henky Irawan, S.Pi, MP, M.Sc berkesempatan untuk bertemu Moh. Zain selaku Pemeriksa Paten Utama guna mendapatkan Tips dan Trik dalam membuat dokumen deskripsi paten, klaim maupun abstrak. Kamis (8/12/2022).

(Rendi/Humas UMRAH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini