Tanjungpinang – Tiga Program Studi di Universitas Maritim Raja Ali Haji, Teknik Informatika (TI), Budidaya Perairan(BDP), dan Teknologi Hasil Perikanan (THP) siap mengikuti Program Kompetisi Kampus Merdeka Tahun 2023. Keikutsertaan UMRAH pada Program Kompetisi Kampus Merdeka adalah upaya percepatan peningkatan mutu. Saat ini UMRAH berada pada liga 2 berdasarkan pada jumlah mahasiswa aktif pada PDDIKTI. Berdasarkan pada liga ini, maka UMRAH berhak mengusulkan tiga program studi.

Tim Program Studi BDP dan THP Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), beserta Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik (FT), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), berikhtiar menyusun proposal PKKM 2023 untuk peningkatan performa Prodi sehingga mahasiswa Prodi bisa mendapatkan kesempatan MBKM yang lebih bervariasi.

Workshop Penyusunan Proposal PKKM 2023 tersebut dilaksanakan di ruang Rapat FT, Selasa (17/1/2023). Workshop ini dihadiri oleh Dekan FT, Wadek 1 FT, Wadek 1 FIKP, Ketua Prodi dan tim BDP, Ketua Prodi dan tim THP, Ketua Prodi dan tim TI, Koordinator Pusat Pengembangan Pembelajaran LP3M dan Ketua LP3M UMRAH.

Program Kompetisi – Kampus Merdeka (PK-KM) merupakan program kompetisi terbuka, dengan sistem seleksi berkelompok (tiered system). Sistem seleksi berkelompok berdasarkan pada jumlah mahasiswa aktif dan akreditasi perguruan tinggi serta geografis atau regional.

PK-KM dapat mencakup program studi dan program tingkat institusi yang diutamakan untuk sistem pengelolaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau disebut Institutional Support System (ISS)-MBKM. Secara khusus PK-KM ditingkat program studi bertujuan untuk meningkatkan mutu, relevansi dan inovasi pendidikan tinggi untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan IPTEK dimasa depan sesuai dengan keunggulan program studi.

Program kompetisi ini akan berakhir pada tanggal 20 Januari 2023 dan akan diumumkan pada bulan Maret 2023. Tim penyusun berkolaborasi dengan banyak pihak untuk menyelesaikan proposal tersebut dengan harapan tiga prodi yang diusulkan dapat lolos kompetisi.

(Humas UMRAH)

Penulis: Rendi A. Saputra

Editor : Adi Pranadipa