TANJUNGPINANG – Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI). Di Kampus UMRAH Dompak. Jumat (3/2/2023).

Didampingi oleh Wakil Rektor II dan Kepala BUPK, Prof. Agung menyambut hangat kedatangan Direktur Utama PT Pusat Layanan Tes Indonesia, Dra. Retno Suhapti, S.U, M.A, Psikolog.

Kedatangan PLTI ke UMRAH merupakan agenda Visitasi dan Penandatanganan MoU serta PKS yang memang sudah dijadwalkan untuk dapat menjadi mitra dalam penyelenggaraan Test of English Proficiency (TOEP) dan Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) di Universitas Maritim Raja Ali Haji dan menjadi yang pertama sebagai penyelenggara TOEP dan TPDA di Tanjungpinang.

Acara diawali dengan kata sambutan oleh Rektor UMRAH, Direktur Utama PT Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) dan dilanjutkan dengan Pemutaran Video Profil UMRAH.

Dalam sambutannya Prof. Agung Dhamar Syakti mengucapkan terima kasih kepada PT Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) atas kedatangannya di Kampus UMRAH.

Dalam kesempatan itu Rektor UMRAH secara garis besar mengharapkan dengan adanya kerja sama ini UMRAH dapat menciptakan SDM yang unggul baik dari civitas akademika UMRAH maupun SDM lain di Kepulauan Riau.

Lebih lanjut, Rektor UMRAH juga menyampaikan ciri-ciri ataupun kriteria dari mempersiapkan masa yang akan datang (globalisasi) adalah komunikasi, dimana beliau mengucapkan bahwa komunikasi sangatlah penting oleh karena itu belajar bahasa lain sangat dibutuhkan, seperti bahasa inggris, bahasa melayu dan bahasa internasional lainnya.

“Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami, untuk menandatangani MoU agar bisa dimanfaatkan oleh civitas akademika UMRAH yang terdiri dari Mahasiswa, Dosen dan Tenaga Kependidikan yang ingin meningkatkan kemampuan dalam berbahasa yang tentunya UPT Bahasa bisa memprosesnya serta membantu dalam pelatihan dan tes ini.” Ucapnya.

“Bismillahirrahmanirrahim semoga ini digunakan dan mendapatkan berkah oleh Allah S.W.T. supaya niat kita memberikan dampak positif untuk bisa menciptakan SDM Emas tahun 2045” Tutupnya.

Dengan ditandatanganinya MoU antara UMRAH dan Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) diharapkan bisa membantu mensukseskan program SDM Emas tahun 2045.

(Foto & Desain Grafis By Rendi/Humas UMRAH)

Acara diakhiri dengan penandatangangan MoU UMRAH dan Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) sekaligus foto bersama.

Tes TOEP dan TPDA perdana akan dilaksanakan pada Sabtu, 11 Februari 2023. Sedangkan pendaftaran peserta dimulai pada tanggal 4-8 Februari 2023 melalui laman resmi PLTI (https://plti.co.id/panduan-peserta).

Kuota peserta tes hanya tersedia untuk 20 orang dan akan menjalani tes di labor UPT Bahasa, Kampus UMRAH Senggarang.

(Ariq, Rendi/Humas UMRAH)