PALEMBANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Universitas Muhammadiyah Palembang sepakat jalin Kerja Sama. Kedua Rektor Kampus tersebut secara sah telah menandatangani nota kesepahaman. Dilaksanakan di Ruang Pertemuan Rektorat Universitas Muhammadiyah Palembang, Jalan Jenderal Ahmad Yani 13, Ulu Palembang. Rabu (15/2/2023).

Berlangsung khidmat, penandatanganan nota kesepahaman itu disaksikan oleh Wakil Rektor di lingkungan Universitas Muhammadiyah Palembang, Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., Prof. Dr. Hj. Fatimah, S.E., M.Si., Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P., Dr. Antoni, M.H.I serta Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang dr. Yanti Rosita, M.Kes., Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya dr. H. Syarif Husin, M.S dan Kepala UPA Bahasa UMRAH selaku Wakil Ketua Tim Pendirian FKIK UMRAH Dr. Dodi Irawan, M.Pd, M.Hum.

Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M dalam sambutannya megucapkan terima kasih atas kedatangan Rektor UMRAH di Kampus Universitas Muhammadiyah Palembang. Pada kesempatan itu dirinya turut menyampaikan perkembangan Kampusnya terkini sebagai bentuk pengenalan kampus kepada Rektor UMRAH.

Pada kesempatan itu Dr. Abid Djazuli berharap Kerja Sama yang dijalin dapat berjalan dengan baik. “Banyak hal yang bisa dikolaborasikan, Universitas Muhammadiyah Palembang selalu menggandeng Perguruan Tinggi lain untuk mengembangkan riset. Semoga kerja sama ini bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Dilanjutkan kata sambutan oleh Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA. Pada kesempatan itu Prof. Agung turut mengucapkan terima kasih kepada UMP karena telah mendukung serta berkenan menyambut kedatangan UMRAH dalam rangka menjalin kerja sama.

Menurut Rektor UMRAH, kerja sama yang dijalin merupakan kerja sama dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah diamanatkan melalui Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Kepmendikbud RI nomor 74/P/2021 tentang Pengakuan Satuan Kredit Semester (SKS) Pembelajaran program Kampus Merdeka bagi Mahasiswa.

Lebih lanjut dirinya berharap dengan kekhasan yang dimiliki UMRAH maupun UMP, dengan sinergi kekuatan dan kelebihan masing-masing pihak agar dapat saling mengembangkan diri, mewujudkan realisasi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

“UMRAH kampus yang terus berkembang tentunya akan terus belajar pada senior-senior seperti UNSRI dan UMP. Sebagaimana Gurindam-12 Pasal 5, telah disampaikan bahwa Jika hendak mengenal orang yang berilmu, bertanya dan belajar tiadalah jemu.” ucap Rektor UMRAH dalam sambutannya.

“Jadi kedatangan kami disini selain menjalin kerja sama, kami juga belajar terkait Fakultas Kedokteran. Kami mohon dukungan dari UMP, sebagaimana yang kita ketahui bahwa Universitas Muhammadiyah Palembang telah memiliki SDM serta Sarpras yang sudah baik. Sehingga kami sebagai Perguruan Tinggi yang terbilang baru berdiri perlu banyak belajar,” tambahnya.

“Apalagi untuk Fakultas Kedokterannya, Universitas Muhammadiyah Palembang bisa menjadi contoh dalam pengembangan Fakultas Kedokteran di UMRAH nanti,” terangnya.

Tidak sebatas itu, Prof. Agung menekankan juga bahwa UMRAH siap bersinergi bersama UMP dalam mengimplementasikan program MBKM yang diusung oleh Mas Menteri.

Adapun ruang lingkup kerja sama yang dijalin adalah Pengembangan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Pengembangan Laboratorium, Penyediaan bantuan Tenaga Ahli pada kegiatan Bimtek, Lokakarya atau Seminar serta kerja sama bidang lainnya yang relevan seperti sarpras, kompetensi, upaya pengembangan kapasitas kelembagaan, pembangunan dan kemasyarakatan, serta kerja sama program MBKM.

Usai penandatanganan naskah kerja sama, Rektor UMRAH beserta rombongan berkesempatan dibawa roadshow berkeliling Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang oleh Dekannya.

(Rendi/Humas UMRAH)