INDRALAYA – Salah satu Bentuk implementasi kerja sama yang telah dijalin antara Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Universitas Sriwijaya(UNSRI) adalah Kuliah Umum Pakar. Kali ini Dosen UMRAH menjadi narasumber Kuliah Umum Pakar yang Berlangsung di FMIPA UNSRI Indralaya. Kamis (16/2/2023). 

Hadir sebagai narasumber seorang Pakar Pencemaran Laut dari UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA, dosen Magister Ilmu Lingkungan dan sekaligus Rektor UMRAH.

Mengangkat judul Mikroplastik di lingkungan laut: Kondisi terkini, metodologi asesmen, dampak dan solusi. Prof. Syakti membeberkan Pencemaran yang telah terjadi di perairan laut Nusantara. Menurutnya Mikroplastik merupakan salah satu dari sekian jenis agent yang menjadi polutan di perairan laut.

“Pencemaran laut yang disebabkan oleh mikroplastik saat ini dapat menjadi ancaman bagi kelangsungan biota laut yang ada dan ekosistem pendukungnya” Jelas Prof. Syakti dalam syarahan akbarnya (Kuliah Umum).

Sebagaimana yang diketahui bahwa menurutnya plastik sangat membutuhkan waktu yang lama untuk bisa terurai bahkan hingga ratusan tahun.

foto: Rendi/humas

Dari hasil riset yang telah dilakukan olehnya dijelaskan bahwa keberadaan mikroplastik yang ada di perairan laut dapat dikatakan terdistribusi secara luas dari permukaan hingga ke dasar laut. Hal tersebut dikarenakan adanya tapis mikroba (biofilm) yang dpat menjerap partikel-partikel pada mikroplastik itu sendiri, sehingga berat masa dari mikroplastik itu bertambah dan menentukan keberadaannya di perairan laut.

Guru Besar bidang Pencemaran Laut dan Bioremediasi UMRAH itu turut membeberkan apa yang didsarkan pada data IUCN, Primary Microplastics in the Oceans, 2017 dimana penyumbang terbesar mikroplastik di perairan laut dunia adalah synthetic textiles (serat buatan untuk kain tekstil) yang dihasilkan dari aktifitas pencucian pakaian (laundry) dengan nilai persentase sebanyak 35 persen. 

Antusiasme audiens Kuliah Umum cukup tinggi, berbagai pertanyaan terlempar ke ruang kuliah umum, mulai dari Mahasiswa hingga Dosen di UNSRI. Mereka tampak bersemangat meminta pandangan dan pencerahan dari Guru Besar UMRAH yang memiliki h-indeks  Scopus 18 itu terkait Marine Pollution.

foto: Rendi/humas

Pada sesi akhir, Prof. Agung Dhamar Syakti turut mengundang para Mahasiswa yg berkeinginan untuk melakukan riset terkait Marine Pollution di Perairan Laut Kepulauan Riau. Terkhusus bagi Mahasiswa asal Kepri yang sedang studi di UNSRI.

Hadir pada kuliah umum tersebut sebagai tuan rumah, Dekan FMIPA UNSRI, para Wakil Dekan FMIPA, Ketua Jurusan Ilmu Kelautan UNSRI, para Dosen serta Mahasiswa UNSRI.

Editor: Adi Pranadipa /UPA TIK  

Liputan : Rendi/Humas