TANJUNGPINANG – Wujudkan sumber daya manusia yang unggul dibidang Kehumasan, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) beri pelatihan bagi Insan Humasnya. Berlangsung selama 2 hari di Bintan Plaza Hotel Tanjungpinang. Senin (20/3/2023).

Hadir sebagai narasumber pada Pelatihan Kehumasan itu, Pranata Humas Ahli Madya sekaligus Koordinator Substansi Kerja Sama dan Humas Setditjen Dikti Ristek, Kemdikbudristek RI, Yayat Hendayana, S.S, M.Si.

Mengusung materi Penguatan pengelolaan kehumasan perguruan tinggi melalui kompetensi dan kompetisi, Yayat Hendaya mengupas tuntas apa, bagaimana dan seperti apa yang harus seorang insan humas lakukan pada lembaga atau institusinya terkhusus di perguruan tingggi.

Sebelum memulai materi, Yayat Hendayana atau yang akrab dipanggil Kang Yayat itu menampilkan sejumlah capaian dan prestasi yang telah UMRAH raih dalam anugerah diktiristek tahun 2022 diantaranya capaian anugerah academic leaders yang diraih oleh Rektor UMRAH Prof. Agung Dhamar Syakti, subkategori anugerah humas dengan meraih 3 medali, serta subkategori anugerah kerja sama yang meraih 4 medali.

Pada awal paparan inti Kang Yayat (KY) itu menyampaikan peran insan Humas Pemerintah. Menurutnya berdasarkan Permen PAN RB nomor 30 tahun 2011 bahwa ada 6 peran utama seorang humas pemerintahan diantaranya sebagai Komunikator, Fasilitator, Diseminator, Katalisator, Konselor, dan Prescriber.

Masih berdasarkan Permen PAN RB 30/2011, KY menjelaskan bahwa Humas Pemerintah memiliki 4 fungsi antara lain, Pertama Humas Pemerintah membentuk, meningkatkan, memelihara citra, dan reputasi positif instansi pemerintah dengan menyediakan informasi tentang kebijakan, program, dan kegiatan instansi. Kedua Menciptakan iklim hubungan internal dan eksternal yang kondusif dan dinamis.

Selanjutnya fungsi Ketiga yakni menjadi penghubung instansi dengan publiknya. Sedangkan poin Keempat melaksanakan fungsi manajemen komunikasi yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pemberian masukkan dalam pengelolaan informasi.

Selain itu turut dijelaskan olehnya 6 Misi seorang insan humas yang harus dijalankan di pemerintahan yakni Membangun citra dan reputasi positif, membangun opini positif publik, menghimpun aspirasi masyarakat, menghimpun serta mengelola data dan informasi, mengambil kebijakan dan menyusun program, serta dapat membangun kepercayaan (trust) dari publik.

Lebih dalam, Yayat Hendayana mengupas materi kehumasan yang diberikannya. Menurutnya seorang humas mesti dapat merancang program dan strategi komunikasi yang baik dengan melakukan 3 hal yakni merancang program dan strategi yang relevan, mengimplementasikan program dan strategi yang dirancang, serta melakukan evaluasi dan perbaikan secara simultan dari program dan strategi yang telah dilakukan.

Pada kesempatan itu, KY turut memberikan tips untuk tim kehumasan dalam pemilihan bauran media. Dijelaskan olehnya bahwa ada beberapa agenda yang perlu dilakukan tim humas pemerintah guna mencapai goalnya.

“Enam agenda yang dapat dilakukan oleh tim kehumasan diantaranya Pertama buat kegiatan Tatap muka (forum kehumasan, FGD, temu netizen, goes to campus), Kedua adakan kegiatan Pameran (expo dan exhibition), Ketiga bangun Contact Center (tempat pengaduan masyarakat), Keempat Lakukan publikasi di media sosial (konten kreatif), Kelima lakukan Publikasi di media massa (siaran pers), serta Keenam lakukan Iklan di media massa (advertorial).” jelas Pranata Humas Ahli Madya Setditjen Dikti Ristek itu kepada Insan Humas UMRAH.

KY juga mengajak insan humas UMRAH untuk serba bisa. Dirinya menuturkan beberapa hal yang mesti insan humas bisa lakukan sebagai penunjang tugas dan fungsinya yakni bisa menyiapkan siaran dan konferensi pers, bisa mengambil gambar dan video, bisa menulis KTI dan opini media massa, bisa menjaga hubungan baik dengan media dan stakeholder, bisa membuat pidato dan paparan pimpinan (jika perlu), serta bisa mengelola konten laman dan media sosial.

Disesi akhir materinya KY turut memberikan tips berlaga di anugerah dikti ristek tahun 2023.

Pelatihan yang berjalan lancar dan penuh antusias itu diakhiri dengan pemeberian sertifikat penghargaan serta cendramata dari UMRAH kepada Narasumber yang diserahkan oleh Kepala Biro Umum Perencanaan dan Keuangan UMRAH Aan Wahyudi, S.KM, M.Si kepada Yayat Hendayana, S.S, M.Si.

(Rendi/Humas UMRAH)