Home Blog

Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar dan Informasi terkait pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Kemenristekdikti

0

Berikut kami sampaikan Pengumuman Ketua Seleksi Panitia Penerimaan CPNS di lingkungan Kemenristekdikti tentang Hasil Seleksi Kompetensi Dasar dan Informasi terkait pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang.

Lampiran Pengumuman:

  1. Pengumuman Ketua Panitia Seleksi
  2. Hasil Seleksi Kompetensi Dasar

Mahasiswa Teknik Informatika UMRAH ikuti E27 Academy, pelajari ekosistem startup

0

Batam – Tiga Orang Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Aris Kurniawan, Ilham Ramadani, dan Ahmad Saiful mengikuti event e27 academy yang berlangsung di Turi Beach Resort, mulai Rabu (28/11) hingga Jumat (30/11).

e27 Academy adalah program pembelajaran tiga hari yang dirancang untuk membantu calon pendiri startup tahap awal membangun perusahaan mereka dan memahami bagaimana ekosistem startup.

para peserta dalam e27 academy ini berasal dari 17 negara, yaitu Bangladesh, Brunei, Cambodia, India, Indonesia, Malaysia, Pakistan, Philippines, Romania, Singapore, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, United Arab Emirates (Dubai), United Kingdom, USA, Vietnam.

Para peserta pelatihan e27 academy diberikan Workshops yaitu mendalami secara mendalam kerangka kerja, studi kasus, dan langkah-langkah yang dapat segera ditindaklanjuti dalam membangun startup mereka. Lalu mereka diberikan kesempatan melakukan Diskusi Roundtable, yaitu mendiskusikan dan menyelesaikan masalah pembangunan perusahaan dan masalah dengan mentor dan rekan.

Kemudian para peserta bisa melakukan Mentoritas dan Networking, yaitu Konsultasi pribadi one-by-one atau konsultasi secara empat mata dengan mentor dan jaringan yang difasilitasi di antara rekan dan mentor.

Beberapa agenda workshop dan coaching diantaranya “A Startup Guide to Understanding the Southeast Asia Market”, yang di sampaikan oleh Michael Lints dari Golden Gate Ventures. Setelah itu  Radhika Dutt yang memberi materi dengan tema “The Practical Guide to Building Radical Product”, dan dilanjutkan lagi oleh Cheryl Chong dari FundedHere bertema “Exploring Alternative Fundraising Methods” .

Paddy Tan dari Interventures memberikan presentasi dengan tajuk “Determining the Best Strategy for Startup Scalling” dan disambung oleh Florian Cornu dari Flow Ventures bertema “Financial and Cashflow Management”

Rektor UMRAH, Prof. Dr. Syafsir Akhlus yang mendampingi mahasiswa UMRAH saat pembukaan menyampaikan bahwa keikutsertaan UMRAH dalam forum e27 ini  adalah bagian dari kerjasama dengan Nongsa Digital Park (NDP).

“Ada 16 Negara yang hadir di e27 academy tersebut, dan itu tidak gratis. Namun UMRAH mendapatkan keistimewaan tersendiri, tanpa biaya pihak Nongsa Digital Park memberikan kesempatan kepada Mahasiswa kita untuk ikut serta di e27 Academy tersebut”. Ungkap Prof. Akhlus

Aris Kurniawan, mahasiswa Teknik Informatika UMRAH yang ikut bersama tiga dua orang rekannya dengan bendera startup hokagelab mengatakan kalau helat ini memberi kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan jejaring dengan malaysia dan singapura.

“Walau startup kami masih level mahasiswa, yang kami dapatkan disini banyak sekali, seperti management tim, menghadapi konflik tim, dan mendapatkan investor di indonesia” ujar Aris disambut anggukan dua orang rekan satu timnya.

Setelah keseluruhan acara terlaksana, panitia bersama para mentor dan peserta melakukan rekreasi atau kunjungan ke kantor Nongsa Digital Park dan Infinite Studio.

Beasiswa Program Master Degree dari Pemerintah Singapura Tahun 2018

0

Tawaran Program Master Degree dari Pemerintah Singapura tahun 2018 

Lee Kuan Yew School of Public Policy

Pemerintah Singapura melalui Lee Kuan Yew School of Public Policy menawarkan kepada para calon peserta dari Indonesia dalam menempuh beasiswa Master Degree untuk tahun akademik yang akan dimulai pada Agustus 2019.

Program-program yang ditawarkan terdiri dari:

No. Program Persyaratan Durasi
1. Master in International Affairs (MIA)

–      Mahir dalam Bahasa Inggris–      Melampirkan tiga surat rekomendasi (reports of reference)

–      Melampirkan personal statement, maksimal 500 kata

–      Melampirkan satu karya tulis ilmiah, maksimal 2000 kata

2 tahun
2. Master in Public Policy (MPP)

–      Mahir dalam Bahasa Inggris–      Melampirkan dua surat rekomendasi (reports of reference)

–      Memiliki pengalaman kerja dua hingga lima tahun

–      Menunjukkan komitmen terhadap pelayanan publik

2 tahun
3. Master in Public Administration (MPA)

–      Mahir dalam Bahasa Inggris–      Melampirkan dua surat rekomendasi (reports of reference)

–      Memiliki minimal lima tahun pengalaman kerja

–      Menunjukkan komitmen terhadap pelayanan publik

1 tahun

 

Seluruh pendidikan Master Degree tersebut akan dilaksanakan dalam Bahasa Inggris dengan minimal usia bagi para calon peserta minimal 25 tahun. Biaya sehubungan dengan keikutsertaan pada pendidikan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Singapura.

Bagi para calon peserta yang berminat wajib mengisi formulir pendaftaran secara online melalui website http://lkyspp.sg/gda2-2018 paling lambat tanggal 31 Desember 2018. Guna administrasi lebih lanjut, calon peserta yang bekerja di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan perguruan tinggi wajib menyampaikan berkas pencalonan kepada Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik untuk proses endorsement sebagai calon resmi dari Pemerintah Indonesia, paling lambat tanggal 27 Desember 2018. 

Untuk proses endorsement, kelengkapan berkas pencalonan dan berkas penunjang lainnya yang wajib disampaikan terdiri dari:

  1. Print out formulir pendaftaran
  2. Transkrip akademik.
  3. Daftar riwayat hidup dalam Bahasa Inggris.
  4. Satu buah foto berwarna ukuran 4×6 cm.
  5. Medical report yang ditandatangani oleh dokter yang berwenang.
  6. Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku.
  7. Surat permohonan endorsement dari pejabat berwenang tempat calon peserta bekerja.

Berkas lengkap disampaikan dalam bentuk hard copy kepada Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik, Kemenristekdikti, yang beralamat di Gedung II BPPT lantai 18, Jalan MH. Thamrin No. 8 Jakarta Pusat 10340 dan soft copy dalam bentuk pdf file disampaikan ke alamat surel kerjasama@ristekdikti.go.id dengan subjek email “Pendaftaran Program Master Degree dari Pemerintah Singapura tahun 2018”. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses laman https://lkyspp.nus.edu.sg/graduate-admissions.

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
2018

Pelajari Transformasi BLU dan Pendirian Fakultas Kedokteran, UMRAH kunjungi UNDIKSHA

0
Penyerahan Cenderamata kepada WR II Undiksha (Foto:Humas Undiksha)

Singaraja – Rombongan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yang dipimpin langsung oleh Rektor UMRAH, Prof. Dr. Syafsir Akhlus beserta Wakil Rektor I, Prof. Dr. Rayandra Asyhar beserta jajaran Fakultas dan BUPK mengunjungi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di Singaraja, Bali (26/11).

Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana Pendirian Fakultas Kedokteran Undiksha yang tergolong cepat dan juga menggali Informasi mengenai transformasi menuju Badan Layanan Umum(BLU).

Dalam kunjungan yang diterima oleh Wakil Rektor II Undiksha, Prof. Dr. Wayan Lasmawan, M.Pd, itu, Rektor UMRAH, Prof. Akhlus menyampaikan bahwa UMRAH saat ini baru memiliki lima fakultas. Rencananya UMRAH akan membuka Fakultas Kedokteran (FK).

“Dari itu, kami ingin tahu proses pendiriannya. Karena di Undiksha sudah lebih dulu ada,” Ungkap Prof Akhlus.

Tak hanya itu, kedatangan UMRAH yang baru pertama kali ke perguruan tinggi terbesar di Bali Utara ini juga untuk menggali informasi berkaitan dengan status  Badan Layanan Umum.

“Kami ingin tahu bagaimana prosesnya. Kami juga tengah mempersiapkan untuk itu,” jelas Prof. Akhlus.

Undiksha dipilih sebagai tempat studi banding karena memiliki karakter yang tak jauh berbeda dengan UMRAH.

Dari sisi usia, tidak terpaut jauh. Selain itu juga sama-sama memiliki Jurusan-jurusan ilmu pendidikan. “UMRAH baru jadi negeri 2011. Sebelumnya swasta sejak 2007. Kami rasa hal-hal yang dihadapi tidak jauh berbeda dengan Undiksha” ujar Prof. Akhlus.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Rektor UMRAH, Wakil Rektor II Undiksha, Prof. Dr. Wayan Lasmawan, M.Pd mengungkapkan pendirian FK sama seperti fakultas lain, yakni harus dipersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama tenaga pendidik dan sarana-prasarana. Lebih penting dari itu menurutnya adalah komitmen bersama. “Komitmen yang penting. Harus semua mendukung,” jelasnya.

Pendiriannya memerlukan proses yang cukup panjang. Banyak waktu, pikiran dan tenaga yang terkuras.

“Mulai dari proposal yang diusulkan ke Kementerian juga harus benar-benar dipersiapkan. Termasuk juga dari sisi anggaran,” terangnya.

Sementara itu, khusus untuk bisa menjadi BLU, dinyatakan perguruan tinggi harus mampu mendatangkan pendapatan secara mandiri.

“Undiksha sudah menghasilkan pendapatan dari beberapa jenis usaha yang ditangani khusus oleh badan pengelola,” Ujar Prof. Dr Wayan.

Turut mendampingi Rektor UMRAH dan Wakil Rektor I, Kepala Biro Umum Perencanaan dan Keuangan UMRAH, Drs. Edison, MBA, Kabag Perencanaan dan Keuangan, Tahri, Wakil Dekan II FKIP UMRAH, Satria, Wakil Dekan I FISIP, Nanik, Kabag TU Fakultas Ekonomi, Jumaiza, Kajur Teknik Informatika, Hendra, Ketua SPI, Jack Febrian Adel, serta jajaran lainnya yang terkait pengelolaan Keuangan.

Editor : Adi Pranadipa